Gaji Jangan Dihabiskan Begitu Saja!

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 04 Desember 2015 05:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 03 278 1260317 gaji-jangan-dihabiskan-begitu-saja-cbAQ4k3LTy.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menjelang akhir bulan, biasanya menjadi ajang untuk segera bergerak ke pusat-pusat perbelanjaan untuk berbelanja atau hanya sekedar nongkrong di tempat kuliner.

Pasalnya, akhir bulan identik dengan menerima gaji bulanan. Oleh sebab itu, dibutuhkan kontrol diri agar gaji hasil kerja keras selama sebulan tidak numpang lewat dan habis begitu saja.

Perencana Keuangan Independen, Freddy Pieloor, mengatakan bahwa gaji hasil kerja keras selama satu bulan jangan pernah dihabiskan. Pasalnya, uang gaji tidak hanya dimanfaatkan untuk membiayai hidup saat ini, namun juga untuk hidup di masa depan. Terlebih ketika memasuki usia pensiun 55-56 tahun.

"Gajian itu untuk hidup hari ini dan masa depan. Sehingga gaji hari ini tidak boleh dihabiskan saat ini pula," ujarnya kepada Okezone di Jakarta.

Adapun siasat menabung, harus dilakukan sejak dini agar ke depan ketika pensiun, tidak akan membebani masa depan anak cucu kelak. Selain itu, juga mampu membiayai hidup pensiun agar menikmati masa-masa pensiun sesuai dengan yang diinginkan. "Kalau tidak punya dana memadai bagaimana kita hidup seperti yang kita inginkan?" lanjut Freddy.

Oleh sebab itu, bila selama ini gaji bulanan kebanyakan dihabiskan untuk berfoya-foya memenuhi kebutuhan diri sendiri, maka kali ini setiap kali menerima gaji harus segera disisihkan sejumlah 10 persen dari gaji setiap bulannya untuk kebutuhan masa depan dan pensiun tersebut.

Dia menilai dengan sisa anggaran 90 persen dari gaji tersebut harus dicukupkan untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan menjelang gaji selanjutnya. Dia mengatakan, berutang atau mencari pinjaman artinya mengorbankan gaji bulan depan untuk membayar utang tersebut.

"Sisanya, 90 persen harus cukupkan untuk biaya hari ini sampai dengan saat gajian bulan depan. Jadi jangan ngutang. Gaji bulan depan harus buat bayar utang. Cerdas bijak dalam kendalikan diri untuk manfaatkan penghasilan," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini