Luas Tanam Capai 9 Juta Ha, Mentan Janjikan Status PNS

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 07 Desember 2015 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 07 320 1262304 luas-tanam-capai-9-juta-ha-mentan-janjikan-status-pns-71EdR9wbqc.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


TANGERANG - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menantang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Tenaga Harian Lepas (THL) bisa mencapai target 9 juta hektare areal tanam pada Oktober 2016. Jika hal tersebut tercapai, Amran janjikan kenaikan tingkat PPL dan THL tersebut menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menurut Amran tantangannya tersebut guna mencapai swasembada pangan yang ditargetkan pemerintah.

"Kita harus lebih tinggi lagi mencapai luas tanam. Siap tanggung risiko jika capaian 9 juta ha tak capai target maka kamu yang paling duluan tidak lulus menjadi PNS," tanya Amran pada Ketua PPL, di Desa Rawakidang, Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang,Senin (7/12/2015).

Menurutnya dalam pengambilan keputusan menetapkan seorang menjadi PNS harus adil. Di mana jika seseorang yang tak memiliki kualitas dalam capaian target yang telah diberikan, seorang tersebut tidak bisa diangkat menjadi PNS.

Oleh karena itu, Amran berharap, para PPL mampu meningkatkan luas tanam pada 2016. Di mana hal itu diperuntukkan agar impor beras tidak terjadi di tahun tersebut.

"Ini ya yang paling duluan (Ketua PPL) tidak lulus jika target tidak tercapai. Harus fair kita sekarang. Pemerintah sudah berikan bantuan infrastruktur diperbaiki, sekarang ada 2 juta lebih irigasi, dan Alisntan 8.000 unit yang akan dinaikan menjadi 100 ribu unit tahun depan, untuk dapat capaian target kita. Sehingga jika gagal ya terima risikonya," ujarnya.

"Semoga tahun depan, kita semua bisa capai swasembada pangan dan produksi beras bisa meningkat," sambungnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini