nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ciliandra Fangiono, Masih Muda Tapi Sandang Triliuner No 1 Indonesia

Raisa Adila, Jurnalis · Kamis 10 Desember 2015 13:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 12 10 320 1264661 ciliandra-fangiono-masih-muda-tapi-sandang-triliuner-no-1-indonesia-wFmXlOnGFy.jpg Ilustrasi : Forbes

JAKARTA – Muda dan kaya. Mungkin kalimat tersebut tepat ditujukan bagi Ciliandra Fangiono. Ya, dia adalah triliuner paling muda di Indonesia.

Ciliandra Fangiono masuk dalam jajaran 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Di antara ke-50 orang terkaya di Tanah Air, Ciliandra adalah triliuner termuda, dengan usia 39 tahun.

Dilansir Forbes, Kamis (10/12/2015), kekayaan Ciliandra berasal dari perusahaan yang memimpin bisnis minyak kelapa sawit di Indonesia, First Resources Ltd. Perusahaannya tersebut berhasil menghasilkan total kekayaan USD1,3 miliar atau setara Rp17,34 triliun.

Dia memulai usahanya dengan meneruskan bisnis keluarga. KemUdian, setelah perusahaan berada di bawah kepemimpinannya, terjadi peningkatan aset dan keuntungan.

Ciliandra sukses mengelola First Resources, yang beroperasi lebih dari 190.000 hektare perkebunan kelapa sawit dan 12 pabrik kelapa sawit di provinsi Riau, Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat di Indonesia.

Bahkan, First Resources berencana untuk investasi USD130 juta agar usahanya terus tumbuh. Dana tersebut dialokasikan untuk memelihara perkebunan serta meningkatkan kapasitas penggilingannya.

Pria beranak dua tersebut, menjalankan bisnis bersama dengan saudara laki-lakinya Sigih dan ayah mereka, Martias, sejak 23 tahun yang lalu.

Kesuksesan Ciliandra juga tidak lepas dari pengetahuan dan latar belakangnya yang memiliki gelar sarjana ekonomi dari Cambridge University. Kemudian, dia menghabiskan beberapa tahun bekerja sebagai staf pada divisi investasi bank di Meryl Lynch di Singapura.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini