Alokasi Gaji yang Ideal untuk Sewa Kos

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 14 Desember 2015 06:51 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 11 470 1265899 alokasi-gaji-yang-ideal-untuk-sewa-kos-5TXZvItUGj.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA – Menyewa kamar kos merupakan langkah yang banyak digunakan oleh karyawan yang belum berkeluarga sebagai tempat tinggal. Berbagai hal menjadi pertimbangan untuk memilih kamar kos, mulai dari biaya, jarak dengan kantor, hingga kenyamanan lokasi kosan.

Namun, tahukah Anda bahwa untuk menemukan kosan yang tepat, Anda perlu menimbang kemampuan finansial yang seimbang dengan gaji? Menurut pengamat keuangan Eko Endarto, idealnya Anda perlu mencari kosan seharga 10 persen dari gaji yang Anda terima.

“Tergantung Kebutuhan pribadi, selain kenyamanan dan jarak, Idealnya kosan yang tepat itu adalah 10 persen dari gaji,” ujar Eko saat dihubungi Okezone.

Namun, jika Anda lebih mengutamakan kenyamanan, Anda dapat menggunakan alokasi kebutuhan pribadi Anda untuk menambah biaya kosan. Idealnya, biaya kebutuhan hidup dalam sebulan adalah 50 hingga 60 persen dari gaji. Biaya ini bisa Anda kurangi dan dialokasikan untuk membayar biaya sewa kos dalam sebulan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini