Jamur 'Hantui' Kayu Lantai Teras, Yuk Basmi Dengan Cara Ini!

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2015 07:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 18 470 1270458 jamur-hantui-kayu-lantai-teras-yuk-basmi-dengan-cara-ini-WSDY1NAU5S.jpg

JAKARTA – Belakangan ini hujan di beberapa wilayah, khususnya Jabodetabek turun dengan intensitas yang beragam, mulai dari ringan sampai hujan deras. Tidak jarang sejumlah kawasan di Ibu Kota pun tergenang bahkan banjir.

Tentu hal itu akan memberikan dampak secara langsung terhadap rumah Anda. Khususnya lantai teras dan karpet yang rentan terhadap jamur dan bakteri apabila kondisi lembab dan basah. Kondisi tersebut juga membuat jamur mudah berkembang biak.

Jamur bisa menjadi ancaman di dalam rumah karena kemampuannya menghancurkan permukaan apa saja yang ditumbuhinya. Belum lagi baunya yang sangat mengganggu. Sporanya beterbangan di udara dan berisiko terhirup dan memicu reaksi alergi, sesak napas, dan memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, Anda harus mengatasi masalah jamur dan lumut di mana pun di tiap sudut rumah Anda.

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan agar eksterior, terutama kayu di lantai teras rumah Anda bebas dari jamur dan bakteri, seperti dikutip dari Cleanipedia, Jakarta, Sabtu (18/12/2015):

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah siapkan alat pengerik atau pisau tumpul. Alat ini digunakan untuk mengikis jamur yang terdapat di atas kayu. Kemudian sapu atau sedot memakai mesin pengisap debu (vacuum cleaner).

Langkah selanjutnya, ampelas area yang berjamur, lalu semprot atau olesi dengan produk antijamur sesuai petunjuk pemakaiannya. Biarkan hingga kering, lalu ampelas dan beri produk antijamur lagi. Hal ini juga berlaku sebagai cara mengatasi lumut, namun Anda perlu memakai obat pembasmi lumut.

Langkah terakhir, biarkan mengering secara sempurna sebelum memolesnya ulang dengan pernis atau pelitur.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini