nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Hilangkan Bau Akibat Jamur pada Karpet

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Sabtu 19 Desember 2015 08:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 12 18 470 1270473 tips-hilangkan-bau-akibat-jamur-pada-karpet-7RLnQOHTqW.jpg (Ilustrasi: livestrong)

JAKARTA – Memasuki penghujung tahun, negara beriklim tropis seperti Indonesia biasanya akan memasuki musim hujan. Cuaca hujan biasanya identik dengan basah dan lemba. Sehingga, tanpa Anda sadari, beberapa sudut eksterior ataupun interior rumah Anda akan digerogoti oleh jamur, terutama pada karpet. Pasalnya, jamur merupakan musuh besar karpet karena akarnya akan menggerogoti serat-serat karpet.

Bila demikian, akan membuat jamur tersebut sulit dicabut. Terlebih lagi, noda dan aroma yang dikeluarkan oleh jamur juga menjadi salah satu masalah tersendiri.

Lantas, apa yang harus dilakukan bila jamur telanjur menggerogoti karpet Anda? Berikut tips menghilangkan jamur beserta baunya pada karpet, seperti dikutip dari Cleanipedia, Jakarta, Sabtu (19/12/2015):

Berhubung aktivitas membersihkan jamur akan menyebarkan spora jamur yang bisa merugikan kesehatan, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah kenakan sarung tangan karet dan pastikan juga Anda mengenakan baju berlengan panjang. Tak lupa, Anda harus menambahkan pula masker yang menutupi mulut serta wajah. Pasalnya, spora jamur bila terhirup atau terkena kulit akan mampu membuat sesak nafas dan reaksi alergi.

Langkah kedua, aktivitas membersihkan karpet dari jamur harus diusahakan dilakukan di luar rumah. Namun, jika tidak memungkinkan, Anda bisa melakukannya di dalam ruangan dengan pastikan jendela ke arah luar terbuka dan tutup pintu menuju ruang lain. Hal ini dilakukan agar spora jamur tidak terbang dan menyebar masuk ke ruangan lainnya.

Setelah itu, keringkan karpet, baik dengan sinar matahari di luar rumah maupun dengan bantuan kipas angin di dalam rumah. Lalu, sapu serpihan-serpihan jamur dari kedua sisi karpet memakai sikat berbulu kasar. Sikat juga lantai di bawah karpet, lalu sapu atau sedot memakai mesin pengisap debu.

Lalu, Anda bisa semprotkan produk antijamur untuk karpet. Baca instruksi pemakaian pada label kemasan produk dan ikuti petunjuk perawatan karpet Anda. Pastikan cairannya benar-benar membasahi hingga ke dalam serat karpet pada kedua sisinya agar mengenai akar jamur. Kemudian, sikat kedua sisi karpet, lalu diamkan sampai kering. Kebanyakan semprotan antijamur sebaiknya tidak dibilas. Semprot juga lantai di bawah karpet dan biarkan mengering sempurna dan ulangi penyemprotan sekali lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Jika tersedia, nyalakan alat dehumidifier atau penjernih udara selama dua hari setelah membersihkan karpet untuk menghilangkan sisa-sisa spora.

Langkah terakhir, cuci semua peralatan yang dipakai menggunakan semprotan antijamur agar tidak menularkan spora jamur ke bagian lain di rumah.

(rzk)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini