nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Simak Tips Basmi Lantai Kotor Penuh Bakteri dan Kuman

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Minggu 20 Desember 2015 06:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 12 18 470 1270487 simak-tips-basmi-lantai-kotor-penuh-bakteri-dan-kuman-48s7904nD5.jpg

JAKARTA - Bukan hanya bagian eksterior rumah yang perlu diperhatikan ketika musim penghujan datang. Bagian interior rumah pun sebaiknya juga tidak luput dari perhatian untuk mengantisipasi hal-hal yang akan mengurangi keindahan rumah Anda.

Yang perlu diperhatikan adalah salah satunya bagian lantai keramik. Bagian ini merupakan salah satu bagian paling mudah kotor, sebab berada di bagian paling bawah dari rumah Anda.

Jika sudah kotor, bukan tidak mungkin itu akan mengakibatkan kuman dan bakteri mudah sekali menempel. Jika sudah begitu, kesehatan keluarga Anda pun terancam.

Meskipun membersihkan lantai keramik tidak memerlukan cara khusus, namun ada baiknya jika Anda menggunakan kiat-kiat tersendiri agar kegiatan bersih-bersih rumah menjadi efektif, hemat waktu, serta tenaga.

Dikutip dari Cleanipedia, Jakarta, Minggu (20/12/2015), berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk membersihkan lantai keramik:

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah sapu seluruh permukaan lantai untuk menyingkirkan kotoran dan debu. Anda bisa memanfaatkan mesin penyedot debu untuk mempercepat pekerjaan.

Kemudian, isi satu ember dengan air panas dan cairan pembersih keramik. Apapun produk yang akan Anda gunakan, baca terlebih dulu petunjuk pemakaian pada labelnya dan ikuti instruksinya.

Langkah ketiga, pel lantai dan biarkan sampai kering secara alami. Anda bisa menggunakan kain lembut yang kering dan bersih untuk mengelap lantai yang telah dipel hingga kering.

Selanjutnya, jangan menggunakan peralatan yang bertekstur kasar, semisal sikat kawat, untuk membersihkan ubin keramik karena dapat menggores permukaannya.

Langkah yang terakhir, alat pel uap ampuh untuk menjaga lantai keramik Anda tampak bersih, bebas kuman, dan berkilau, serta membantu nat keramik tidak kusam. Bila Anda memiliki pembersih uap di rumah, gunakan seminggu sekali untuk membunuh bakteri di lantai.

Selain beberapa langkah di atas, ada hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu pembersih lantai keramiknya. Produk pembersih yang mengandung butiran mikro mudah mengangkat noda dan kotoran dari lantai atau permukaan berbahan keramik lainnya. Apa pun produk pembersih yang akan Anda pakai, pastikan Anda membaca dan mengikuti petunjuk pemakaian pada kemasannya.

(rzk)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini