Harga BBM Turun Dinilai Sia-Sia

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 25 Desember 2015 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 12 25 320 1274645 harga-bbm-turun-dinilai-sia-sia-hkFSK5wbd9.gif Ilustrasi (Foto : Okezone)

JAKARTA – Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) yang dilakukan oleh pemerintah dinilai akan percuma jika tidak diikuti oleh penurunan harga bahan pokok dan transportasi. Pasalnya, hal utama yang diharapkan oleh masyarakat dari penurunan harga BBM yaitu penurunan harga berbagai kebutuhan pokok.

“Kalau tidak berdampak pada penurunan barang dan jasa akan percuma. Apalagi kalau penurunannya cuma sedikit. Masyarakat berharap penurunannya akan dirasakan dengan turunnya harga kebutuhan barang pokok dan transportasi,” ujar Pengamat Energi Marwan Batubara kepada Okezone, Jumat (25/12/2015).

Marwan pun menyoroti sikap angkutan umum yang biasanya enggan untuk menurunkan tarif apabila pemerintah tidak menurunkan harga BBM dengan persentase yang besar.

“Angkutan umum biasanya tidak akan mau. Apalagi jika mereka melihat penurunannya per periode, tidak secara keseluruhan sejak penurunan Oktober lalu,” tutur Marwan.

Menurut Marwan, pemerintah perlu melakukan intervensi terhadap penurunan harga berbagai barang kebutuhan pokok dan transportasi. Apabila intervensi ini tidak dilakukan maka masyarakat tidak akan dapat merasakan dampak dari penurunan harga BBM terhadap harga kebutuhan pokok.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini