nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaji Ketua DPR Inggris Lebih tinggi dari Perdana Menteri

Agregasi Selasa 29 Desember 2015 14:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 12 29 213 1276761 gaji-ketua-dpr-lebih-tinggi-dari-perdana-menteri-inggris-Jsbm2e9E1N.jpg Ketua DPR Inggris, John Bercow (Foto: BBC)

LONDON – Gaji ketua parlemen (DPR) Inggris, John Bercow, sekarang lebih besar dari gaji Perdana Menteri (PM) David Cameron setelah ada kenaikan ekstra sebesar 10 persen untuk gaji para anggota DPR Inggris.

Gaji tahunan Bercow tercatat 150.236 poundsterling atau sekira Rp3,042 miliar, sementara gaji PM Cameron per tahun adalah 149.440 poundsterling atau sekira Rp3,027 miliar.

Laporan media di Inggris menyebutkan bahwa sekira setengah dari gaji tersebut dari gaji pokok anggota parlemen yang mencapai 74.000 poundsterling.

Pendapatan tahunan tersebut sudah termasuk kenaikan 0,62 persen yang merupakan tunjangan jabatan bagi Bercow, yang menduduki posisi ketua parlemen sejak 2009.

Kenaikan tunjangan ini dimungkinkan karena ada aturan yang membolehkan kenaikan tersebut, yang biasanya diperuntukkan untuk para pejabat sipil senior.

Harian sore Evening Standard memberitakan PM Cameron dan menteri menolak tawaran kenaikan ini untuk mereka.

Para anggota parlemen menerima kenaikan gaji 10 persen Juli lalu setelah ada keputusan dari lembaga Independent Parliamentary Standards Authority.

Saat diminta komentar soal gaji ketua DPR yang sekarang lebih tinggi dari perdana menteri, juru bicara Bercow mengatakan gaji ketua parlemen secara terbuka diumumkan di situs parlemen.

"Itulah yang terjadi dan kami tidak ingin memberikan tambahan (informasi) lebih lanjut," kata juru bicara Bercow.

(rtw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini