Boros Saat Liburan, Hemat Pengeluaran Solusinya!

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 02 Januari 2016 08:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 01 320 1279063 boros-saat-liburan-hemat-pengeluaran-solusinya-la3nya2Mnn.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menikmati liburan yang menyenangkan tentu menjadi idola seluruh masyarakat. Masyarakat akan berbondong-bondong menghabiskan waktu liburan ke berbagai tempat wisata, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi, liburan akhir tahun ini sangat panjang, yakni liburan Natal dan Tahun Baru.

Tentu, untuk menikmati liburan panjang tersebut, akan menghabiskan uang yang tidak sedikit di dompet Anda. Dompet anda akan kembali kempes, terlebih lagi, tanggal gajian untuk bulan ini masih cukup lama.

Perlu diingat juga, jangan sampai setelah Anda liburan malah stres, lantaran dompet anda kempes setelah menghaburkan uang. Lalu bagaimana memulihkan dompet anda kembali agar bisa ‘bernapas’ pasca liburan panjang?

Perencana keuangan dari MRE, Andi Nugroho menjelaskan, untuk memulihkan atau recovery dompet anda pasca liburan panjang adalah menyiapkan anggaran (budget) terlebih dahulu secara matang sebelum melakukan liburan panjang. Hal ini dilakukan agar liburan anda tidak terganggu.

"Seharusnya sebelum liburan, alokasikan anggaran dulu, kita budgetin dulu," kata Andi kepada Okezone di Jakarta.

Andi menambahkan, namun tidak sedikit masyarakat yang 'latah' ingin menikmati liburan secara mendadak, padahal belum menyiapkan anggaran secara matang. Hal ini lah yang akan membuat dompet anda jika membuka isi dompetnya akan seperti melihat bawang merah, rasanya 'perih'. Pasalnya, dompet anda tidak ada uang sama sekali alias kempes.

"Tapi ini kan liburannya sudah berjalan, belum direncanakan sebelumnya," sebutnya.

Menurut Andi, agar dompet tidak makin kempes, masyarakat harus menggunakan plan darurat yakni mulailah berhemat. Apa yang bisa dihemat, harus dihemat.

"Apalagi masuk tanggal gajian masih lama. Mau enggak mau mesti hemat. Contohnya enggak keluar makan dulu, enggak usah nonton (bioskop) dulu. Bisa bawa bekel (makanan) dari rumah," tegasnya.

"Ya bisa dibilang, kaya anak kost dulu, enggak usah makan yang mewah-mewah dulu. Harus korbanin," sambungnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini