Kantong Jebol Pasca-Liburan, Gadaikan Saja Emas Anda

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Minggu 03 Januari 2016 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 01 320 1279066 kantong-jebol-pasca-liburan-gadaikan-saja-emas-anda-dvklzexd9U.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA – Liburan panjang memang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Bertamasya pun sepertinya menjadi hal yang sangat penting.

Masalahnya, ada kalanya kita terlalu memaksakan diri untuk menikmati liburan. Dan hal ini menyebabkan banyak uang keluar, dan terkadang membuat kondisi keuangan menjadi sangat tidak sehat.

Anda bisa berhemat agar dompet Anda bisa terisi kembali. Namun, jika sudah berhemat, tetapi masih membutuhkan uang secara mendadak pada saat itu juga? Sedangkan tanggal gajian masih lama dan dompet masih kempes. Solusinya bagaimana?

Perencana keuangan dari MRE, Andi Nugroho mengusulkan, pegadaian menjadi solusi jika memang sudah terpaksa membutuhkan uang. Namun, gadai barang atau emas ini bukan menjadi solusi utama, melainkan alternatif.

"Kalau terpaksa, mau enggak mau gadai dilakukan. Yang paling bisa digadaikan kan mudah itu kita punya emas. Tapi juga ada beberapa gadai yang menerima laptop, tv, kendaraan bermotor seperti di Jakarta," jelas kepada Okezone di Jakarta.

Andi menegaskan, gadai barang atau emas dilakukan jika memang anda sudah terpaksa banget, lantaran tidak punya uang sama sekali sebelum tanggal gajian.

"Perlu diingat juga, kalau gadai kan ada bunga juga, setelah gadai, harus bisa lunasi. Jangan kesulitan kita bayar gadainya, kalau tidak bisa juga, lepas saja barangnya atau dijual," paparnya.

Di sisi lain, Andi mengungkapkan, ada alternatif lainnya untuk melakukan pinjaman uang tanpa bunga, yakni meminjam uang dengan keluarga maupun saudara.

 "Tapi kita bisa cari pinjaman lain, pinjaman yang enggak berbunga. Kalau pinjaman yang berbunga sama saja bohong. Kita bisa pinjam dengan saudara, keluarga, nanti kita pinjam dulu, sampai gajian baru dilunasi," tukasnya. 

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini