nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

ASDP Ferry Ikut Implementasikan Tiket Elektronik

Hendra Kusuma, Jurnalis · Kamis 07 Januari 2016 10:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 01 07 320 1282628 -FCJWYSyLWJ.jpg Ilustrasi kapal Ferry. (Foto: Okezone)
JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus mengembangkan inovasi ticketing untuk diimplementasikan di seluruh pelabuhan yang dioperasikan.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Danang S Baskoro mengatakan, kemajuan industri feri di Tanah Air juga membutuhkan kerja keras dan inovasi tanpa henti. Tidak hanya melakukan efisiensi di perusahaan, ASDP Indonesia Ferry juga tengah menggenjot implementasi layanan e-ticketing, yang untuk tahap perdana tengah dilakukan di Merak - Bakauheni.

"Ada tiga tujuan utama implementasi e-ticketing. Pertama, memberikan pelayanan lebih baik. Kedua, mencegah potensi kerugian karena ada tiket muter dan penurunan golongan kendaraan, dan ketiga, kita berusaha comply dengan aturan keselamatan di mana penumpang feri secara keseluruhan harus tercatat dalam manifest," kata Danang dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Menurutnya, dengan adanya layanan e-ticketing yang menggunakan layanan aplikasi teknologi informasi dan alat sensor bagi kendaraan ini, maka secara otomatis, kendaraan maupun penumpang pejalan kaki dapat terdata dengan baik.

"Intinya, kita menginginkan bisnis ini berjalan lebih sehat. Bersama-sama dengan seluruh mitra kita membangun bisnis yang lebih baik, baik itu pengguna jasa (trucking), penumpang, pihak ASDP sendiri, dan lainnya. Kita minimalisir praktik kecurangan yang selama ini terjadi. Dengan sistem e-ticketing ini, kami targetkan dapat menekan kebocoran hingga 30 persen," tambahnya.

Danang menargetkan, implementasi e-ticketing dapat berjalan lebih baik dalam waktu 3 bulan ke depan. "Tentu masih banyak kekurangan yang harus disempurnakan. Namanya IT, ada masa fine tuning. Target saya, jika Merak-Bakauheni sudah lancar, maka akan dilanjutkan ke lintasan Ketapang-Gilimanuk," tukasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini