nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Cara Basmi Jamur dan Lumut di Dinding Rumah

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Sabtu 09 Januari 2016 15:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 01 09 470 1284311 ini-cara-basmi-jamur-dan-lumut-di-dinding-rumah-WLQ47OxSl5.jpg Foto: Cleanipedia

JAKARTA - Keberadaan jamur dan lumut di dinding terkadang membuat tidak nyaman penghuni rumah. Jamur biasanya tumbuh di lingkungan yang lembap, hangat, dan tidak memiliki sirkulasi udara yang baik.

Oleh karena itu, kamar mandi rawan ditumbuhi jamur. Pertumbuhan jamur pada dinding sering dipicu kondisi yang lembap dan kurangnya ventilasi, namun bisa juga disebabkan rembesan air, baik air tanah, air hujan, maupun bocoran pipa. AC yang tidak dipasang secara benar juga berpotensi menimbulkan jamur karena tetesan airnya.

Seperti dikutip dari Cleanipedia, Sabtu (9/1/2016), berikut ini beberapa tips mencegah tumbuhnya jamur dan lumut yang tumbuh pada dinding rumah Anda, apalagi akhir-akhir ini hujan kerap turun.

 

1. Beli produk-produk khusus untuk menghambat pertumbuhan jamur dan lumut tembok. Semprotan antimikroba mencegah spora jamur hinggap di dinding. Pertimbangkan mengganti cat dinding Anda dengan cat tembok tahan air dan jamur yang memiliki keuntungan ganda. Pertama, bahan dasarnya yang tahan air memungkinkannya dicuci atau dilap memakai kain basah. Kedua, karena air yang merembes ke dalam tembok sangat minimal, dinding pun selalu kering sehingga jamur enggan tumbuh. Hal ini juga berlaku pada cat tembok tahan lumut.

2. Gunakan alat dehumidifier untuk mengurangi kelembapan udara di ruangan yang sangat rawan terhadap jamur dan lumut tembok. Alat ini bisa menjadi langkah pencegahan jangka panjang.

3. Perbaiki talang saluran cucuran air dari genting. Pastikan lapisan talang tidak bocor, ganti atau perbaiki jika rusak, dan bersihkan kotoran agar tidan menyumbat aliran air, termasuk pipa yang menyalurkan air dari talang ke tanah.

4. Pelihara agar kamar mandi, dapur, dan lokasi-lokasi lembap lain memiliki sirkulasi udara yang lancar dan selalu kering.

 

5. Keringkan handuk dan tirai kamar mandi.

6. Tangani kebocoran pada pipa air sesegera mungkin, terutama jika pipa berada di dekat atau ditanam di dalam tembok.

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini