nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Netflix Hadir di Indonesia, Ini Tantangan Bisnisnya!

MNC Media, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2016 06:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 01 11 320 1285478 netflix-hadir-di-indonesia-ini-tantangan-bisnisnya-URRnAk1dwS.jpg Ilustrasi (Foto : Business Insider)

JAKARTA - Netflix telah hadir di Indonesia sejak Kamis 7 Januari 2016. Neflix memiliki reputasi yang baik, dengan aset senilai USD 9,91 miliar.

Tapi, ekspansi Netflix di Indonesia tampaknya tidak akan semudah membalikan telapan tangan. Ada sejumlah kendala yang menghambat pengembangan Netflix, mulai dari kepemilikan kartu kredit hingga kecepatan akses internet di Indonesia.

Netflix memungkinkan pengguna untuk menonton film favorit mereka di mana saja, kapan saja, melalui hampir semua perangkat (PC, laptop, smartphone, tablet, smartTV) tanpa iklan apapun.

Untuk dapat mengakses layanan tersebut seseorang membutuhkan kartu kredit sehingga dapat membuat akun Netflix. Maka kartu kredit berperan penting dalam pasar Netflix, sedangkan penguna kartu kredit di Indonesia cukup rendah.

Menurut survei OECD Economic Surveys And Country Surveillance (OECD) , hanya 2 persen penduduk Indonesia yang memiliki kartu kredit berbeda dengan Malaysia yang mencapai 12 persen. Demikian terungkap dalam riset PT Daewoo Securities Indonesia.

Selain itu, kendala bahasa pun dialami perusahaan ini. Dalam masa percobaan yang dilakukan satu bulan, ditemukan bahwa hampir tidak ada film yang memiliki terjemahan Bahasa Indonesia. Ini akan menjadi rintangan karena tidak semua masyarakat Indonesia memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang tinggi.

Menurut survei yang dilakukan EF English Proficiency Index (EF EPI), Indonesia berada pada posisi ke 32 dari 70 negara yang disurvei pada bulan November 2015, memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Posisi ini bahkan berada di bawah Vietnam dan Malaysia.

Di sisi lain, kecepatan akses internet Indonesia pun menjadi kendala. Hasil uji Netflix dengan streaming film menggunakan Telekomunikasi Indonesia (TLKM IJ) Speedy dengan paket 1mbps (Rp 600 ribu per bulan) video berjalan dengan baik tetapi kualitas layar hanya 480 pixel, dengan kondisi yang tidak terlalu jelas. Lambatnya koneksi internet akan sulit untuk streaming film dari Netflix.

Dengan berbagai kendala tersebut, Netflix menduga hanya sebagian kecil dari penduduk Indonesia yang akan bersedia untuk berlangganan, karena mereka harus memiliki kartu kredit, memiliki koneksi internet yang cepat, serta memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.(rai)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini