12 Kebiasaan Buruk yang Buat Anda Tak Produktif

Danang Sugianto, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2016 00:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 15 320 1289317 12-kebiasaan-buruk-yang-buat-anda-tak-produktif-ObQ8XyXADr.jpg Ilustrasi. (Foto: Halomoney)

JAKARTA - Hampir semua orang mempunyai resolusi di tahun yang baru ini. Namun keinginan yang besar juga harus diikuti dengan kemauan untuk berubah. Sayangnya banyak orang terkadang sulit untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan buruknya.

Melansir dari BusinessInsider, Minggu (17/1/2016), setidaknya ada 12 macam kebiasaan buruk yang mengganjal produktivitas dalam bekerja. Kebiasaan buruk ini memang sulit dihilangkan, harus mempunyai tekad yang kuat menghilangkannya demi mencapai kesuksesan yang diinginkan.

Berikut kedua belas kebiasaan buruk tersebut:

1. Terlalu Sering Internetan

Bagi karyawan terkadang fokus dalam bekerja seketika bisa terganggu, ketika muncul rasa penasaran terkait pertanyaan-pertanyaan yang tidak penting. Biasanya karyawan langsung mencari jawaban dari pernyataannya melalui internet. Saat itu pekerjaan yang harusnya dilakukan jadi tertunda.

2 Multitasking

Bisa melakukan dua atau lebih pekerjaan yang berbeda secara bersamaan memang merupakan suatu hal yang positif. Namun menurut penelitian ilmiah, hanya sekitar 2 persen dari sebuah populasi yang mempunyai kemampuan multitasking. Sisanya hanya bisa fokus pada satu pekerjaannya saja.

3 Sering Cek email

Email memang sangat melekat dalam pekerjaan kita. Namun terlalu sering mengecek email ternyata juga membuat produktivitas kita berkurang. Pasalnya setiap kali melihat email, Anda akan kehilangan sekitar 25 menit waktu kerja Anda. Cobalah untuk membatasi pengecakan email setiap harinya secara rutin

4. Moral yang Buruk

Terkadang muncul pemikiran untuk berbuat curang untuk mengejar sebuah reward. Namun percayalah hal itu akan menjadi kebiasaan buruk bagi Anda yang akan menempel pada dirinya dan susah untuk dihilangkan. Pada akhirnya Anda akan dicap buruk sebagai identitas Anda oleh orang-orang di sekitar.

5. Menunda Pekerjaan Penting

Dengan alasan lebih sulit, banyak profesional biasanya menunda pekerjaan yang penting. Padahal orang memiliki daya tahan dan kemauan yang terbatas. Jadi yang paling baik adalah mengutamakan mengerjakan tugas yang paling penting sejak awal.

6. Terlalu Banyak Jadwal

Membuat jadwal pertemuan yang tidak penting merupakan hal yang paling mengganggu produktivitas. Jadi jangan pernah untuk menerima undangan pertemuan yang tidak begitu penting ketika waktu Anda sangat terbatas.

7. Terlalu Sering Duduk

Banyak pekerjaan yang mengeharuskan Anda untuk duduk selama 9 jam di depan layar komputer. Hal ini tentu tidak baik untuk untuk Anda, pasalnya tingkat kewaspadaan dan refleka Anda akan menurun. Jadi cobalah untuk rutin berolah raga dengan berjalan ataupun berlari sekitar 30-40 km setiap minggunya. Itu akan membantu Anda untuk berpikir jernih.

8. Tidak Bangun Segera

Hampir setiap pagi Anda pasti merasa kesal dengan suara alarm. Kebanyakan dari orang memilih untuk mematikan sejenak alarm (snooze) untuk melanjutkan tidur sebentar. Padahal hal itu tidak memberikan Anda tenaga ekstra untuk menjalankan aktivitas. Justru rawan tidur kebablasan yang akhir terlambat untuk masuk kantor.

9. Terlalu Banyak Prioritas

Ambisi memang merupakan hal yang baik, namun jika anda terlalu banyak ambisi maka itu juga akan berakibat negatif bagi Anda. Pasalnya jika terlalu banyak prioritas maka akan mengganggu produktivitas Anda. Jadi pilih sekiranya prioritas yang paling penting dalam hidup Anda, dan abaikan sisanya.

10. Terlalu Dalam Menyusun Rencana

Terlalu cermat dan matang dalam menyusun rencana justru tidak memberikan jaminan tidak akan terjadi sesuatu yang tidak terduga, Sebaliknya, justru lebih baik untuk menyusun rencana yang realistis saja.

11. Tidak Mempunyai Rencana

Jauh lebih baik jika Anda bekerja sesuai dengan rencana yang telah ditentukan. Biarlah Anda bekerja mengikuti alur rencana yang telah Anda tetapkan.

12. Tidur Bersama Handphone

Seiring perkembangan teknologi, kehidupan orang saat ini seakan tidak bisa lepas dari ponsel-nya. Bahkan saking tidak bisa lepasnya dengan handphone, terkadang orang menaruh ponsel di bantal ketika dirinya tidur. Hal itu tidak baik, karena LED smartphone dapat menekan produksi zat melatonin dalam tubuh. Zat ini merupakan hormon yang membantu siklus tidur Anda dan menimbulkan rasa bahagia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini