nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Membersihkan Peralatan Dapur Alumunium

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2016 17:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 01 17 470 1290212 tips-membersihkan-peralatan-dapur-alumunium-ev7zvHcjvD.jpg Foto: Cleanipedia

JAKARTA - Aluminium banyak digunakan sebagai bahan pembuat perangkat rumah tangga, mulai dari panci di dapur sampai tempat sampah di kamar mandi, atau bahkan pada kaki meja dan kursi.

Seperti dikutip dari Cleanipedia, Minggu (17/1/2016), berikut tips yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk Anda ketika hendak membersihkan perlatan dapur berbahan alumunium.

Bagian dalam panci

1. Tuang cairan pembersih ke dalam panci atau wajan, taruh di atas kompor menyala, biarkan hingga mendidih, dan diamkan selama 10 menit.

2. Bilas panci atau wajan dengan air bersih.

Bagian luar panci

1. Isi baskom dengan cairan pembersih, lalu tempatkan panci atau wajan di dalamnya hingga semua permukaan luarnya terendam cairan.

2. Diamkan selama 10 menit. Cairan pembersih akan melunakkan sisa-sisa masakan yang gosong sehingga mudah digosok menggunakan kain mikrofiber atau spons cuci piring.

3. Bilas dengan air bersih.

Untuk barang-barang berukuran besar, semisal meja berbahan aluminium, atau perangkat elektronik yang tidak boleh terkena cairan, seperti perebus air elektronik, ikuti petunjuk berikut ini:

1. Buat cairan pembersih aluminium dengan mencampur air hangat dan sabun cuci piring, lalu usapkan pada permukaan barang menggunakan kain. Selalu tes terlebih dulu pada bagian kecil yang tersembunyi.

2. Gosok perlahan untuk menghapus noda membandel.

3. Keringkan secara tuntas memakai handuk atau kain guna mencegah bercak air kering.

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini