Simak Cara Kembalikan Kilau Alumunium pada Alat Dapur

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Minggu 17 Januari 2016 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 17 470 1290217 simak-cara-kembalikan-kilau-alumunium-pada-alat-dapur-x7v9OdF3q7.jpg Foto: Cleanipedia

JAKARTA - Masalah utama pada peralatan dapur yang berbahan alumunium adalah mudah menjadi kusam dan berubah warna serta mudah tergores oleh produk pembersih.

Meskipun demikian, membersihkan bahan ini tanpa merusak penampilan fisiknya sebenarnya mudah. Tetapi sering kali kita tidak menyadarinya, maka perlu ketelitian dan beberapa tips untuk membersihkan peralatan dapur berbahan alumunium ini.

Bagian tersulit dalam perawatan aluminium adalah mengembalikan kilaunya sekaligus memperkecil kemungkinan terjadinya goresan dan bercak air kering setelah dibersihkan.

Kesalahan yang sering terjadi adalah memakai spons cuci piring yang terbuat dari kawat halus untuk menggosok aluminium. Cara ini meninggalkan goresan permanen yang sangat sulit, atau bahkan tidak mungkin, dihilangkan. Lebih baik taburkan atau usapkan sedikit bubuk soda kue pada permukaan aluminium, lalu gosok memakai kain mikrofiber. Tidak perlu menggosoknya terlalu lembut. Gosokan yang disertai sedikit tekanan akan lebih cepat mengembalikan kilaunya!

Dikutip dari Cleanipedia, Minggu (17/1/2016), jika Anda memiliki perangkat berbahan dasar aluminium yang berlapis anoda, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

1. Pada saat membuat cairan pembersih, selalu pilih sabun dengan pH netral. Bahan yang bersifat terlalu asam atau terlalu basa dapat menyebabkan karat pada lapisan anoda.

2. Hindari penggunaan apa pun yang bersifat abrasif pada benda berbahan aluminium karena bahan abrasif akan meluruhkan lapisan anoda.

3. Kain berbahan halus dan produk pembersih yang lembut merupakan peralatan terbaik untuk membersihkan aluminium berlapis anoda.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini