'Bangkrut' Pasca-Libur Panjang? Ini Cara Mencegahnya

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Sabtu 23 Januari 2016 05:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 22 320 1294590 bangkrut-pasca-libur-panjang-ini-cara-mencegahnya-8Ct3x5epKI.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Akhir tahun menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat. Pasalnya, akhir tahun menjadi kesempatan di mana masyarakat terkhusus para pegawai kerja dapat menikmati libur panjang. Pilihan tempat berlibur yang menyenangkan atau berakhir tahim dengan keluarga menjadi bagian yang tak terlewatkan.

Namun sayangnya kegiatan itu semua tak sedikit menguras isi dompet kita. Biaya berlibur yang mahal dan kunjungan keluarga yang juga menharuskan kita untuk mengerluarkan isi dompet menjadi penyebab terkurasnya isi dompet.

Belum lagi tuntutan biaya hidup sehari-hari yang masih harus dipenuhi. Alhasil masih di awal bulan keuangan akan sangat menipis. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk menangani masalah ini?

Perencana keuangan dari MRE, Mike Rini, memberi saran untuk menangani masalah ini. Menurutnya, membuat prioritas keuangan akan membantu Anda tak akan berlebihan mengeluarkan isi dompet.

"Dengan memiliki prioritas keuangan maka Anda dapat membuat perencanaan keuangan yang tepat dan sesuai dengan budget yang Anda miliki," kata dia kepada Okezone.

Hal yang perlu dipastikan adalah alokasikan terlebih dahulu sesuai kebutuhan keluarga, seperti listrik, makan, ongkos, dan sebagainya. Maka jika kebutuhan yang terutama sudah disisihkan, Anda tak perlu takut akan kehabisan uang pasca berlibur panjang.

“Jika hanya menuruti kemauan kita (tanpa perencanaan keuangan), maka keuangan kita akan habis hanya untuk biaya sehari-hari yang tak jelas,” jelas Rini.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini