nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kereta Tanpa Masinis di Bandara Soekarno-Hatta Butuh Rp1 Triliun

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2016 15:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 01 27 320 1298382 kereta-tanpa-masinis-di-bandara-soekarno-hatta-butuh-rp1-triliun-NaxLp4ySKQ.jpg Kereta Tanpa Masinis di Bandara Soekarno-Hatta Butuh Rp1 Triliun (Foto: Kurniasih/Okezone)

TANGERANG - PT Angkasa Pura II (persero) tengah membangun sejumlah fasilitas termasuk dalam grand design Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Selain kereta bandara dari Jakarta ke bandara yang melintasi Tangerang, AP II bakal membangun automatic people mover system (APMS).

APMS adalah kereta otomatis tanpa masinis yang nantinya beroperasi untuk membawa setiap penumpang berpindah antar Terminal I, II, dan III. Nantinya, APMS hanya berputar-putar di dalam Bandara Soetta.

"People mover lagi tender, kita akan mulai Maret konstruksinya," papar Direktur Utama AP II Budi Karya di Terminal Ultimate 3, Rabu (27/1/2016).

Untuk pembangunan people mover tersebut, AP II menawarkan tender bernilai sekira Rp1 triliun. People mover ini bakal terintegrasi dengan stasiun kereta bandara yang siap beroperasi Februari 2017.

Pengembangan moda transportasi tesebut sejalan dengan pembangunan Terminal 3 Ultimate. Hingga awal tahun, progress pembangunan terminal tersebut mencapai 93,991 persen. Diharapkan pada Mei 2016, pembangunan tahap I rampung dan Terminal 3 Ultimate mulai bisa menampung 15 juta penumpang.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini