Mau Naik Haji? Sisihkan 20% untuk Menabung

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2016 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2016 01 29 320 1300217 mau-naik-haji-sisihkan-20-untuk-menabung-edAGyIz46G.jpg (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dapat melaksanakan ibadah Haji pastilah dambaan bagi setiap umat Muslim. Namun, Naik Haji bukanlah perkara yang mudah, pasalnya dibutuhkan biaya yang besar untuk dapat pergi menjalankan ibadah ke kota suci Makkah tersebut.

Menurut data, ongkos naik haji pada tahun 2014 rata-rata Rp42,738. Dan akan semakin membesar tiap tahunnya, terlebih pada tahun ini rupiah masih dalam kondisi yang lemah mencapai Rp 13.860.

Lalu bagaimana bagi Anda yang memiliki pendapatan Rp3 jutaan agar dapat tetap naik haji ?

Menurut perencana keuangan, Freddy Pieloor, menjelaskan, kebutuhan keluarga menjadi prioritas terutama, setelah menganggarkan kebutuhan keluarga sesuai dengan keuangan kita, maka perlu menyisihkan untuk kebutuhan biaya naik haji .

“Setiap bulan sekitar 10-20 persen dapat disisihkan dari penghasilam,” kata dia kepada Okezone di Jakarta.

Dia melanjutkan, hal yang perlu dilakukan adalah menentukan kebutuhan yang terutama dan melihat kemampuan keuangan yang dimiliki.

“Harus sisihkan tiap bulan, sampai mencapai jumlahnya, baru naik haji , jangan sampai karena ingin naik Haji biaya hidup naik keluarga tak terpenuhi ” jelasnya. .

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini