nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Syarat Netflix untuk Ekspansi ke Indonesia

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2016 19:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 02 04 320 1305010 syarat-netflix-untuk-ekspansi-ke-indonesia-PFi5DkHoA1.jpg Ilustrasi : Reuters

JAKARTA - Pemerintah akhirnya mengambil sikap tegas terhadap rencana Netflix untuk melakukan ekspansi ke Indonesia. Pasalnya, Netflix dianggap akan mengancam perusahaan televisi berbayar di Indonesia apabila tetap melakukan ekspansi bisnisnya pada tahun ini.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, pemerintah akan mewajibkan Netflix berbentuk badan usaha tetap untuk dapat menyasar pasar Indonesia.

"Pertama dari sisi bisnisnya PSE (Penyelenggara Sistem Elektronik) yang model Netflix itu harus BUT (Badan Usaha Tetap) jadi mereka bisa ada di Indonesia," ujar Rudiantara saat ditemui di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (3/2/2016).

Selain itu, pemerintah berharap bahwa Netflix dapat bermitra dengan perusahaan yang sudah ada di Indonesia. Namun, Netflix tetap memiliki kewajiban yang sama dengan perusahaan lainnya di Indonesia.

"Mereka mempunyai hak sebagai perusahaan di Indonesia tapi juga memiliki kewajiban agar terjadi kesetaraan dengan yang lain," jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini Kemenkominfo sedang bekerjasama dengan dengan Kementerian Pendidikan untuk melakukan sensor terhadap program Netflix. Rencananya, kebijakan terkait sensor ini akan selesai pada Maret 2016.

"Kemudian bagaimana masalah sensor. Nah saya udah bilang ke Pak Anies, Pak Anies bilang akan bantu, karena secara teknis tidak bisa sensor keluar di belakang. Policy-nya nanti akan keluar di tempatnya Pak Anies lah. Maret ini akan keluar kebijakan itu," tukasnya.(rai)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini