nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Libur Imlek, Penumpang ASDP Diprediksi Naik 6%

Hendra Kusuma, Jurnalis · Kamis 04 Februari 2016 19:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 02 04 320 1305035 libur-imlek-penumpang-asdp-diprediksi-naik-6-ipVc7fP8IA.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengantisipasi lonjakan pengguna jasa penyeberangan di lintasan Merak-Bakauheni pada libur panjang akhir pekan ini yang bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2567.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Christine Hutabarat memprediksi, akan ada peningkatan jumlah arus penumpang sebesar enam persen, dan kendaraan sekitar delapan persen.

Christine menyebutkan, perseroan telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi terjadinya lonjakan pengguna jasa dikarenakan libur panjang akhir pekan ini bersamaan dengan momen Tahun Baru Imlek.

"Perkiraan kami, arus penumpang dan kendaraan akan meningkat mulai Jumat 5 Februari sore. Diperkirakan, arus penumpang alami kenaikan enam persen, dan kendaraan sekitar delapan persen," kata Christine dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Christine berharap, pengguna jasa dapat lebih bijak mengatur waktu keberangkatan agar perjalanan lebih lancar dan nyaman. Sehingga, tidak menumpuk di suatu waktu dan menimbulkan kemacetan.

Pada kesempatan yang sama, GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Tommy L Kaunang mengatakan, Perseroan akan menerapkan pola operasi layanan kapal seperti Hari Raya Lebaran. Meski prediksi trafik penumpang dan kendaraan tidak signifikan, ASDP tetap melakukan antisipasi semaksimal mungkin.

"Kami serius, karena tidak ingin kecolongan seperti kasus angkutan Natal dan Tahun Baru lalu, dimana terjadi kemacetan panjang mulai dari akses tol hingga ke dalam pelabuhan," katanya.

Selain itu, ASDP juga menyiagakan kapal berukuran besar untuk mengantisipasi cuaca ekstrim yang melanda sejumlah perairan di Indonesia. Misalnya di Pelabuhan Merak, kondisi curah hujan dalam beberapa hari ini cukup tinggi.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S Oetomo mengatakan, dari total 52 kapal yang berada di lintasan Merak-Bakauheni, sekira 46 kapal akan standby. Adapun enam kapal berstatus docking. "Namun, untuk operasional normal, 28 kapal saja yang kami operasikan saat ini," katanya.

Terkait cuaca buruk, PT ASDP juga telah mengantisipasinya, dengan menyiapkan tug boat untuk membantu kapal ketika sulit sandar atau keluar dermaga. Sedangkan untuk menjaga kelancaran arus penumpang dan kendaraan, PT ASDP juga mengerahkan seluruh personil yang berada di kantor agar membantu pengaturan arus di lapangan.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini