nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal PHK, Peringatan Dini Ekonomi yang Tak Boleh Diacuhkan

Danang Sugianto, Jurnalis · Sabtu 06 Februari 2016 10:43 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 02 06 320 1306187 soal-phk-peringatan-dini-ekonomi-yang-tak-boleh-diacuhkan-QdQ4ukfaQs.jpg Ilustrasi buruh demo. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) dari berbagai industri mulai ramai dibicarakan. Namun, pemerintah mengatakan kondisi saat ini tidak seseram isu PHK yang diberitakan belakangan.

Anggota Komisi IX DPR, M Sarmuji, mengatakan meskipun masih belum dipastikan kebenaran isu terkait adanya PHK massal, namun seyogianya pemerintah juga tidak boleh bersikap acuh tak acuh dan harus menanggapi isu tersebut.

"Pemerintah tidak boleh membelakangi isu ini. Karena ini bagi saya peringatan dini untuk perekonomian kita," tegasnya dalam diskusi di Gado-Gado Boplo, Jakarta, Sabtu (6/2/2016).

Menurut Sarmuji, ada dua hal yang kemungkinan menjadi penyebab munculnya persoalan PHK. Pertama adanya persaingan yang semakin ketat antar pelaku industri yang sama. Sehingga yang kalah harus melakukan efisiensi.

"Ini saling menyesuaikan diri. Lama kelamaan akan mencapai keseimbangan, jadi produk-produk yang berkualitas akan berhadapan dengan produk yang lebih inovatif dan murah," jelasnya.

Kedua, menurut politisi dari Partai Golkar itu, saat ini persaingan antar-negara semakin ketat dalam menggaet investor untuk masuk ke dalam negaranya. Terutama dari negara-negara berkembang.

"Secara ekonomi dunia melemah, jadi usaha untuk menarik investasi ke negara berkembang itu sangat sengit. Dan negara-negara ini menawarkan fasilitas yang lebih baik dibanding Indonesia. Misalnya soal ketersediaan energi, insentif dan lainnya," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini