nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kerajinan Tenun Lidi Kelapa Ciamis Tembus Pasar Internasional

Acep Muslim, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2016 11:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 02 07 320 1306631 kerajinan-tenun-lidi-kelapa-ciamis-tembus-pasar-internasional-jmTnnhNzRh.jpg Ilustrasi : Okezone

CIAMIS - Para pengrajin asal Desa Panyingkiran Ciamis, Jawa Barat, mampu menghasilkan aneka produk tenun dan kerajinan berbahan baku lidi kelapa yang kreatif dan menghasilkan sebagai aksesoris menarik. Karya kreatif berbahan alami ini ternyata juga menembus pasar Eropa dan Asia.

Aneka produk seperti kantong tempat tisu, kotak buku dan compact disc, tempat cucian, kotak lamaran, tempat perhiasan dan aksesoris lainnya terlihat menarik dan kreatif oleh para pengrajin dari Ciamis tersebut.

Produk ini merupakan hasil kerajinan tangan berbahan lidi kelapa dan benang yang dikerjakan secara manual dengan menggunakan alat tenun sederhana oleh sekira 80 perngrajin yang juga merupakan warga setempat.

Lima tahun lalu, Nurul Huda atau yang akrab disapa Asep Nyere ini merintis usahanya dalam bidang kerajinan tenun. Hingga kini, usahanya mampu menghasilkan omzet hingga ratusan juta Rupiah. Lidi kelapa dipilih menjadi bahan baku utama karena Kabupaten Ciamis dikenal daerah yang kaya dengan hasil bumi dari pohon kelapa.

Siapa sangka, hasil kerajinan tangan ini berhasil menembus pasar Eropa dan Asia. Pemilik workshop ini mampu mengekspor kotak CD dan buku ini sebanyak lima belas ribu per minggu.

“Untuk pemasaran lokal, kerajinan tangan ini juga dipasok ke sejumlah kota besar seperti Jakarta, Bandung dan beberapa kota di Jawa Tengah serta Yogyakarta,” ungkap Huda di Ciamis, Minggu (7/2/2016).

Tidak hanya itu, inovasi terbaru dari tenun lidi ini adalah wallpaper dinding dan juga gorden. Tempelan dinding ini akan membuat ruangan terasa sejuk karena berbahan alami. Peminat wallpaper dan gorden lidi ini mulai meningkat karena harganya yang murah hanya Rp20 ribu per meter. Sementara produk lainnya dijual mulai harga belasan ribu hingga ratusan ribu Rupiah.

Dengan banyaknya perajin tenun lidi di Desa Panyingkiran ini, rencananya desa ini akan dijadikan sentra perajin tenun lidi di Kabupaten Ciamis.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini