nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Juta Penumpang Kualanamu Bakal Pindah ke Bandara Silangit

Hendra Kusuma, Jurnalis · Senin 15 Februari 2016 18:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 02 15 320 1312780 4-juta-penumpang-kualanamu-bakal-pindah-ke-bandara-silangit-D3pxMF1hAE.gif Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengatakan, pengembangan Bandara Silangit akan memaksimalkan potensi pasar penerbangan yang selama ini hanya dilayani oleh Bandara Kualanamu Medan.

Nikson mengungkapkan, jumlah penumpang di Bandara Kualanamu sekira enam juta penumpang, di mana sekira empat jutaan penumpang berasal dari Tapanuli dan Simalungu.

"Empat juta ini apabila tersosialisasi dengan baik, saya yakin penumpang ke Tapanuli dan Simalungu tidak lagi ke Kualanamu," kata Nikson di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (15/2/2016).

Nikson menegaskan, seluruh pemerintah daerah Sumatera Utara dan stakeholder mendukung pengembangan Bandara Silangit. Adapun, upaya tersebut sudah mulai direalisasikan dengan adanya kerjasama pemanfaatan lahan seluas 1,4 juta m2 atau sekira 100 hektare di Bandara Silangit.

Nikson menargetkan, lahan pengembangan tersebut bisa mulai dikerjakan pada Maret 2016 dan selesai dalam waktu enam bulan ke depan. Dengan, harapan bisa diterbangi oleh pesawat nerrow body atau pesawat yang mampu mengangkut jumlah penumpang lebih banyak dari yang saat ini beropersi.

Saat ini, kata Nikson, baru dua maskapai yang beroperasi, yakni Wings Air dan Susi Air. Diharapkan pula, ke depan Garuda Indonesia dan Citilink Indonesia bisa mengoperasikan penerbangan langsung dari Jakarta menuju Tapanuli atau Bandara Silangit.

"Kami juga menjadi panitia pesta danau toba pada bulan September, dan sebelum itu bisa diselesaikan, dan bisa tersosialisasi juga kalau sudah ada penerbangan setiap hari ke Bandara Silangit," tukasnya.(rai)

(rhs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini