China Jadi Pasar Utama Ekspor Rumput Laut Indonesia

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2016 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 17 320 1314652 china-jadi-pasar-utama-ekspor-rumput-laut-indonesia-ckfVIOQECo.jpg Ilustrasi Rumput Laut. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) menuturkan China menjadi pasar ekspor terbesar produksi rumput laut dalam negeri. Per tahun, ekspor produksi rumput laut ke China sebanyak 169 ribu ton rumput laut kering.

"Kita ekspor ke Filipina, Jepang dan Eropa. Tapi paling besar ekspor ke China. Total ekspor produksi rumput laut kering 282.479 ton per tahun. Nah 60 persen hasilnya kita impor ke China sebanyak 169 ribu ton per tahun,"papar Ketua ARLI Safari Aziz, di Menara Kadin, Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Menurutnya, gaya hidup masyarakat China membuat konsumsi rumput laut di Negara Tirai Bambu tersebut meningkat. Meski ada perlambatan ekonomi China, ekspor rumput laut dari Indonesia tidak berpengaruh, karena kebutuhan masyarakatnya.

"China serapan pasar paling besar. Kita harus bersyukur China menerima produk kita. Karena selama ini kan yang menjadi persoalan produksi rumput laut yaitu pasarnya. Produksi kita banyak, tapi tidak semua terpakai. Andalkan serapan industri dalam negeri, masih kurang," ujarnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini