Kadin Akan Laporkan Protes Larangan Ekspor Rumput Laut ke JK

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2016 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 17 320 1314825 kadin-akan-laporkan-protes-larangan-ekspor-rumput-laut-ke-jk-wQ2Q3Xy3Ae.jpg Wapres Jusuf Kalla. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) hari ini didatangi Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) dalam rangka meminta pendampingan terkait wacana pemerintah yang melarang ekspor rumput laut secara bertahap.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Priyanto, menuturkan ada keluhan dari petani rumput laut Indonesia.

"Sebagai yang berperan selama ini dalam industri rumput laut, mereka merasa perjuangan yang sudah payah ini hilang usai pemerintah mewacanakan pelarangan ekspor. Mereka merasa sudah menghasilkan pasar sendiri tapi malah dibatasi," ujarnya di Menara Kadin Jakarta, Rabu (17/2/2016).

Menanggapi hal tersebut, Kadin sebagai penasihat ARLI siap membantu dan menyampaikan apa keluhan petani rumput laut.

"Mereka sendiri sudah minta waktu melakukan pembahasan ini dengan KKP dan sudah bertemu Dirjen. Jika hal tersebut belum direspons, kita (Kadin) akan membantu menyuarakan sampai kepada Kemenko Bidang Kemaritiman hingga Wapres. Tapi kita tunggu dulu respons KKP bagaimana," paparnya.

Kadin menyimpulkan, jika pun pemerintah ingin memperkuat hilirisasi dengan melakukan pembatasan hingga pelarangan ekspor nantinya, pemerintah harus memberikan insentif bagi industri rumput laut existing.

"Kalau memang semua dibatasi, ya setidaknya berilah kemudahan pembiayaan. Misalnya dikasih kredit oleh perbankan supaya mereka merasa ada solusinya. Intinya mempermudah masalah permodalan sehingga bisnis ini bisa menguntungkan," tutupnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini