nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Banggakan Ekonomi Indonesia di AS

Hendra Kusuma, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2016 08:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 02 18 20 1315108 presiden-jokowi-banggakan-ekonomi-indonesia-di-as-wxSIdcgdgU.jpg Presiden Joko Widodo (Foto : Okezone)

JAKARTA - Sebagai rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Amerika Serikat (AS), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kunci (keynote speech) pada acara US-ASEAN Business Counci (US-ABC) yang dilaksanakan di Ballroom Hotel St. Regis, San Fransisco, California, AS, Rabu, 17 Februari 2016 waktu setempat.

Berdasarkan keterangan Tim Komunikasi Presiden, di awal pidatonya, Presiden Jokowi sempat sedikit berkelakar terkait penundaan kunjungannya ke San Fransisco yang seharusnya dilaksanakan Oktober 2015 lalu.

"Walau tergesa-gesa kembali, saat itu saya sampaikan, sebagaimana dikatakan mantan Gubernur California (Arnolzd Schwarzenegger) yang terkenal ‘I’ll be back’. Dan sampailah saya di sini," kata Jokowi, Kamis (18/2/2016).

Selanjutnya, Jokowi menyampaikan, Indonesia cukup berbangga dengan kondisi perekonomiannya saat ini. Pasalnya, saat pasar modal di China dan AS menurun drastis, dan saat harga minyak mentah anjlok di pasaran, tetapi Rupiah relatif stabil, dan pasar modal Indonesia hanya sedikit mengalami penurunan. Bahkan PDB kuartal IV Indonesia bisa mencapai 5.03 persen, melampaui prediksi lembaga-lembaga keuangan.

Jokowi menyampaikan, hal ini bisa jadi merupakan buah dari kerja yang telah dilakukan Indonesia, seperti konsolidasi politik, reshuffle kabinet dengan memasukkan lebih banyak teknokrat dan profesional serta membangun infrastruktur.

"Secara keseluruhan saya masih optimis, Indonesia telah mencapai tataran stabilisasi ekonomi," tambahnya.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini