nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bunga KPR Bakal Turun Jika Kredit Korporasi Turun

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 23 Februari 2016 15:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 02 23 470 1319267 bunga-kpr-bakal-turun-jika-kredit-korporasi-turun-xAOFKoU1wK.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah berencana untuk menurunkan tingkat suku bunga kredit perbankan. Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution juga mengharapkan nett interest margin (NIM) atau margin bunga bersih dapat turun hingga 3 persen dari saat ini yang mencapai 6 persen.

Darmin melanjutkan, perbankan juga diharapkan dapat menurunkan bunga kredit korporasi. Sebab, penurunan bunga kredit korporasi biasanya akan diikuti oleh penurunan bunga kredit konsumer.

"Saya masih ngomong corporate. Pelan-pelan akan masuk ke konsumsi. Yang namanya konsumsi yang itu juga akan mendekati biasanya mulai dari properti. Mulai dari KPR (Kredit Perumahan Rakyat). Biasanya begitu. Nanti yang lain juga mulai mengikuti," jelas Darmin saat ditemui di kantornya, Selasa (23/2/2016).

Hingga akhir tahun, lanjut Darmin, perbankan diperkirakan dapat menurunkan suku bunga kredit hingga mencapai single digit. Sebab, hal ini didukung oleh kebijakan pemerintah yang akan memberikan insentif bagi pihak perbankan untuk menurunkan tingkat suku bunga kredit.

"Tapi itu perkiraan. Jangan kalian pikir kita mau mengatur segitu. Itu perkiraan setelah kita bereskan dari input-inputnya ini," tandas Darmin.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini