nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Distributor dan Produsen Minuman Beralkohol Tak Akan Dilarang

Danang Sugianto, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2016 13:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 02 25 320 1321087 distributor-dan-produsen-minuman-beralkohol-tak-akan-dilarang-lIaFE5Sqn1.jpg Minuman beralkohol. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pembentukan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentan larangan minuman beralkohol sudah dimulai. Namun pemerintah mengusulkan untuk mengubah substansi RUU tersebut menjadi pengaturan dan pengawasan.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, nantinya jika RUU tersebut telah disahkan, pemerintah pusat akan menggandeng pemerintah daerah (Pemda) untuk mengawasi peredaran produk minuman beralkohol.

"Dalam peredarannya kita juga harus bekerja sama dengan pemda-pemda setempat agar betul-betul dapat di awasi dan dikendalikan secara baik. Sehingga tidak ke arah yang tidak bermanfaat," ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Menurut Saleh, perusahaan produsen maupun distributor minuman beralkohol di Indonesia tidak bisa serta merta dilarang untuk beroperasi. Pasalnya hal itu akan menimbulkan dampak sistemik yang juga akan menimbulkan polemik baru terkait ketenagakerjaan. "Tentu kan yang sudah eksisting sekarang harus diperhatikan juga," imbuhnya.

Sekedar informasi, hari ini pemerintah telah menyerahkan daftar inventaris masalah (DIM) kepada Pansus Anggota RUU Larangan Minuman Beralkohol. DIM tersebut akan menjadi dasar pembahasan RUU tersebut ke depannya.

"Jadi untuk ekspansi industri ini juga nanti akan ada di dalam aturannya. Ini kan baru nyerahin DIM-nya nanti di bahas sama teman-teman Pansus. Biar di bahas dulu," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini