nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PM Jepang Khawatir Kasus Lehman Brothers Terulang

Raisa Adila, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2016 20:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 05 26 20 1398770 pm-jepang-khawatir-kasus-lehman-brothers-terulang-k7H0erJsLY.jpg Ilustrasi : Reuters

JAKARTA - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memperingatkan negara-negara yang tergabung dalam Grup of Seven (G7) tentang ancaman krisis dengan skala krisis Lehman Brothers. Sehingga, ada potensi untuk kembali menunda kenaikan pajak penjualan nasional.

Melansir CNBC, Kamis (26/5/2016), Abe memaparkan, data menunjukkan bahwa harga komoditas telah jatuh 55 persen sejak 2014, margin yang sama saat terjadinya krisis keuangan tersebut. Hal ini ditafsirkan sebagai peringatan ulang munculnya krisis skala Lehman.

Abe telah berjanji untuk menaikkan pajak penjualan Jepang menjadi 10 persen dari 8 persen pada April tahun depan seperti yang direncanakan. Namun, hal ini dapat berubah jika ada krisis keuangan pada skala runtuhnya Lehman atau bencana alam besar.

 [Baca juga: Alasan Ekonomi Jepang Resesi tapi Tidak Terlihat]

Seperti diketahui, krisis global 2008 silam yang menjadi salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah karena jatuhnya Lehman Brothers. Lehman merupakan bank investasi raksasa yang menjadi korban dari krisis kredit macet di Amerika Serikat di tahun 2008.

Padahal, Lehman Brothers sebelumnya merupakan bank terkuat di Wall Street dan seluruh perusahaan keuangan berhubungan dengan bank tersebut.

(rai.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini