nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudirman Said Jamin DKE Tak akan dipungut dari Masyarakat

Dedy Afrianto, Jurnalis · Sabtu 27 Februari 2016 11:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 02 27 320 1322673 sudirman-said-jamin-dke-tak-akan-dipungut-dari-masyarakat-UN0tCWlocK.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menjelang pergantian tahun, pemerintah sempat berencana untuk memungut dana ketahanan energi (DKE) sebesar Rp200 untuk premium dan Rp300 untuk solar. Namun, hal ini menuai protes dari masyarakat. Pasalnya, pemerintah dianggap belum memiliki landasan hukum untuk melakukan pungutan DKE.

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) akhirnya memutuskan untuk menunda kebijakan ini. Saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan legalisasi kebijakan dalam bentuk Peraturan Pemerintah.

Menteri ESDM Sudirman Said mengungkapkan, dalam kebijakan ini nantinya pemerintah tidak akan memungut dana dari masyarakat. Pemerintah akan berupaya untuk melakukan penghimpunan dana dari badan dan perusahaan-perusahaan di Indonesia.

"Dari hulu kira akan melihat ruang untuk menghasilkan dana itu. Kalau hilir ke badan usaha. Sumbernya bukan lagi dari masyarakat," jelas Sudirman dalam diskusi di Gado-Gado Boplo, Jakarta, Sabtu (27/2/2016).

Menurut Sudirman, realisasi kebijakan ini nantinya tidak akan termasuk dalam Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Selain itu, pemerintah juga akan memanfaatkan dana APBN untuk disisihkan guna pengembangan energi baru dan terbarukan.

"Kita punya basis untuk menyisihkan dari APBN sejak awal. Saya ingin menyampaikan ke komisi VII berapa pun jumlahnya tolong disisihkan," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini