Kemenkominfo-LEN Garap Proyek Palapa Ring Senilai Rp1,38 Triliun

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 29 Februari 2016 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 29 320 1323771 kemenkominfo-len-garap-proyek-palapa-ring-senilai-rp1-38-triliun-9G4HZQC6RT.jpg Ilustrasi kerjasama. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Informasi dan Informatika melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan PT Palapa Ring Barat untuk Proyek Palapa Ring paket Barat dengan total nilai proyek Rp1,28 triliun. Perjanjian kerjasama ini juga meliputi Proyek Palapa Ring paket Tengah dengan PT LEN Telekomunikasi Indonesia dengan nilai proyek sebesar Rp1,38 triliun.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, proyek ini ditargetkan dapat selesai pada 2018. Sehingga pada Januari 2019 diharapkan seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia dapat merasakan akses jaringan internet.

"Kita targetkan pembangunan infrastrukturnya selesai 2018. Sehingga 1 Januari 2019 program ini akan dapat dirasakan oleh masyarakat hingga daerah Indonesia Timur," jelasnya dalam acara penandatanganan perjanjian kerjasama di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (29/2/2016).

Pada saat yang bersamaan, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro memberikan apresiasi terhadap pelaksaan program ini. Sebab, dengan konsep availability payment, proyek ini tidak akan menguras anggaran APBN. "Proyek ini menggunakan konsep KPBU. Saya harus mengatakan ini merupakan program yang sangat baik. Ini proyek yang monumental," tuturnya.

Proyek Palapa Ring merupakan proyek kerjasama pemerintah badan usaha (KPBU) pertama dalam sektor telekomunikasi dengan menerapkan skema pembayaran ketersediaan layanan atau availability payment (AP). Skema ini diprakarsai oleh Kementerian Keuangan dan sumber dana availability payment uang berasal dari Dana Kontribusi Universal Service Obligation (USO).

Proyek ini nantinya akan membangun infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik nasional di daerah-daerah non-commercial demi pemerataan akses pita lebar (broadband) di Indonesia. Pada proyek ini, terdapat tiga paket proyek Palapa Ring, yaitu Paket Barat yang akan menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 km

Paket kedua adalah Paket Tengah yang akan menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km.

Paket ketiga, atau Paket Timur nantinya akan menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua, (sampai dengan pedalaman Papua) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 6.300 km. Paket ini masih dalam tahap prakualifikasi dan ditargetkan penandatanganan PKS pada September 2016.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini