nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prinsip dalam Mengasuransikan Bisnis Properti Anda

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Senin 29 Februari 2016 13:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 02 29 470 1323704 prinsip-dalam-mengasuransikan-bisnis-properti-anda-McCmslPklf.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA Asuransi kerugian belum dikenal seperti jenis asuransi lain seperti asuransi jiwa, pendidikan. Namun, jenis asuransi ini dinilai penting bagi pelaku usaha yang ada di bisnis properti.

Konsultan dan pakar di bidang asuransi kerugian Enoch Setiawan, menjelaskan bahwa para pengelola bisnis properti memerlukan pemahaman awal dan jelas mengenai prinsip-prinsip dalam asuransi kerugian yaitu at must good faith (masing-masing memiliki itikad yang baik) dalam menjalin hubungan kerjasama, baik dari sisi penyedia layanan jasa asuransi termasuk broker dan agent serta pengguna.

“Secara umum biasanya prinsip itu tercermin dalam perjanjian (wording) yang melandasi kerjasama, untuk itu sangat diperlukan pemahaman yang cukup” ujar Enoch.

Dia melanjutkan, beberapa prinsip lain yang menjadi landasan kerjasama antara lain reinstatement (pemulihan nilai/fungsi), indeminity, repairmen serta replacement.

“Secara aplikatif, prinsip-prinsip asuransi kerugian dapat menjadi acuan dalam penyelesaian kasus claim dan variannya pada praktek bisnis,” pungkas Enoch.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini