nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Susi: Reklamasi harus Diatur dengan Komprehensif

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Senin 29 Februari 2016 16:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 02 29 470 1324013 menteri-susi-reklamasi-harus-diatur-dengan-komprehensif-ITHzMOJ4Kq.jpg Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto: Okezone)

JAKARTA - Rencana reklamasi di suatu daerah sering menimbulkan pro dan kontra. Melihat kondisi ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai, reklamasi harus diatur secara komprehensif.

"Reklamasi harus diatur dengan peraturan pemerintah yang konsisten dan komprehensif, tidak parsial per daerah. Sebab, peraturan parsial menimbulkan banyak ketidakseragaman antar-pemangku kepentingan," papar Susi di kantornya, Senin (29/2/2016).

Dia mengatakan, dengan aturan yang menyeluruh, diharapkan perselisihan akibat wacana reklamasi bisa berkurang. Yang terpenting, regulasi diperlukan agar lingkungan pesisir tetap terjaga.

"Sebetulnya, reklamasi yang betul itu menjaga lingkungan agar tidak berdegradasi. Namun, di kita, pengembang biasanya hanya membangun untuk dia sendiri. Untuk publik, tidak dipikirkan," imbuhnya.

Mantan Bos Susi Air ini menegaskan, proyek reklamasi harus memiliki izin lingkungan dan melibatkan masyarakat pesisir setempat.

"Reklamasi tidak dapat berjalan jika tidak memiliki izin lingkungan, untuk memperoleh izin lingkungan ini tentu harus melibatkan partisipasi aktif masyarakat pesisir setempat," cetus dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini