nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendag: Mengerikan, Banyak Pabrik Pindah ke Vietnam!

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2016 12:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 04 320 1327552 mendag-mengerikan-banyak-pabrik-pindah-ke-vietnam-CMkOVuL25G.jpg Menteri Perdagangan Thomas Lembong (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sejak awal tahun 2016, pemerintah dihadapi dengan persoalan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh industri dalam berbagai sektor. Pelemahan ekonomi global yang terjadi sepanjang 2015 telah menyebabkan berbagi perusahaan memutuskan untuk melakukan efisiensi dengan mengurangi jumlah tenaga kerja.

Kini, Indonesia juga tengah terancam terjadinya capital outflow dalam waktu dekat. Sebab, dibandingkan dengan negara-negara tetangga, Indonesia belum menyepakati kerjasama perdagangan bebas dengan Uni Eropa dan Amerika Serikat. Akibatnya, pengusaha Indonesia tidak dapat leluasa melakukan ekspor tanpa adanya kerjasama ini.

"Indonesia kalah tarif melulu dengan ekspor dari Vietnam dan juga dengan Malaysia. Dan saya juga lapor bahwa kita sebentar lagi sudah mau disalip oleh Filipina," kata Menteri Perdagangan Thomas Lembong saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Thomas melanjutkan, saat ini Indonesia negara-negara tetangga telah menjalin kerjasama dengan Uni Eropa dan Vietnam. Sehingga, apabila Indonesia tidak segera menjalin kerjasama dengan bergabung pada Trans Pasific Partnership (TPP) bersama Amerika Serikat dan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dengan Uni Eropa, maka dikhawatirkan investor akan beralih ke negara tetangga lainnya yang telah memiliki akses pasar bebas.

"Jadi kami bicarakan bagaimana kita bisa mengejar waktu karena mulai mengerikan pabrik sudah mulai pindah ke Vietnam dari Indonesia," tegasnya.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini