Kemenkominfo-LEN Garap Proyek Palapa Ring Tengah

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2016 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 04 320 1327732 kemenkominfo-len-garap-proyek-palapa-ring-tengah-Mv35Ole36X.jpg Foto: Dedy/Okezone

JAKARTA - Selang beberapa hari setelah penandatanganan perjanjian kerja sama pada proyek palapa ring barat, hari ini Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali melakukan penandatanganan perjanjian dengan PT Len Telekomunikasi Indonesia untuk menggarap proyek ring tengah.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016, proyek ini merupakan salah satu dari 30 industri strategis nasional. Paket Tengah ini akan menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kepulauan Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km.

Sama halnya dengan paket barat, proyek paket ring paket tengah ini menggunakan skema kerja sama pemerintah badan usaha (KBPU) serta skema pembayaran available payment (AP).

Skema AP ini merupakan pembayaran secara berkala selama masa konsesi berdasarkan pada ketersediaan layanan infrastruktur yang telah dibangun oleh badan usaha. Sedangkan komponen biaya yang dapat dibayarkan meliputi biaya modal, keuntungan operasional dan keuntungan wajar yang diinginkan oleh badan usaha.

"Proyek ini tercepat progresnya hingga saat ini. Ini merupakan titik awal yang baik. Utamanya proyek strategis yang menggunakan proyek-proyek KPBU," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama di kantornya, Jumat (4/3/2016).

Proyek ini ditargetkan akan selesai pada tahun 2016 dengan total nilai proyek sebesar Rp1,38 triliun. Sedangkan total NPV AP mencapai Rp4 triliun dengan pembayaran berkala selama 15 tahun. Sehingga, dengan adanya perjanjian kerja sama ini diharapkan seluruh daerah Indonesia Tengah dapat menggunakan akses internet pada tahun 2018 mendatang.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini