nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Perjalanan Bill Gates Toreh Kesuksesan Microsoft

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 08 Maret 2016 06:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 07 320 1329844 kisah-perjalanan-bill-gates-toreh-kesuksesan-microsoft-PMIjrEPAEd.gif Bill Gates (Foto: Forbes)

JAKARTA - Dengan kekayaan bersih lebih dari USD87 miliar, Bill Gates saat ini tetap menjadi orang terkaya nomor satu di dunia.

Dengan kemampuan bisnis yang cerdas, agresif dan tidak pernah takut untuk membuat musuh dalam bisnisnya menjadi cara untuk membawa Microsoft menjadi teratas.

Lahir dengan nama lengkap William Henry Gates III di Seattle, Washington pada 28 Oktober 1955, Bill Gates adalah putra seorang pengacara dan eksekutif perbankan. Orang tua Gates sendiri menginginkannya untuk menjadi seorang pengacara.

Dilansir dari Business Insider, Gates mendapatkan kecintaannya terhadap komputer saat Ia bersekolah di Lakeside School, Seattle. Di sekolah ini pun Ia bertemu dengan partnernya untuk mendirikan Microsoft, Paul Allen.

Pada tahun 1973, Gates berkuliah di Harvard namun pada masa kuliahnya Ia hanya menghabiskan banyak waktu untuk bermain-main dengan komputer. Ia pun tak pernah menyelesaikan studinya di Harvard.

Ini dikarenakan, pada tahun 1974, Gates dan Allen pun lebih memilih bekerja sama dengan sebuah perusahaan komputer, MITS. Mereka pun bekerjasama dengan perusahaan tersebut dengan menamai kemitraan mereka Micro-soft dan membuka kantor kecil di Albuquerque. Pada akhir 1976 mereka keluar dari perusahaan MITS dan mengubah nama perusahaan mereka menjadi "Microsoft".

Pada tahun 1980, perusahaan komputer IBM memerlukan sebuah sistem operasi untuk PC terbarunya. Gates pun mengambil kesempatan ini, Ia menciptakan sebuah sistem operasi yang disebut 86-DOS, atau disk operating system yang berganti nama menjadi PC DOS dan menjualnya ke IBM seharga USD50 ribu.

Meski demikian, ternyata IBM tak meminta hak cipta perangkat lunak tersebut dan Gates tak pernah menawarkannya. Melihat kesuksesan IBM PC, maka banyak perusahaan teknologi lainnya ingin membangun komputer pribadi mereka dan menjadi kompetitor bagi IBM. Untuk bisa melakukan ini, maka perusahaan-perusahaan tersebut membutuhkan Bill Gates.

IBM, Compaq, Dell,dan perusahaan lainnya berlomba-lomba untuk membuat komputer dan mereka semua membutuhkan DOS sebagai perangkat lunak yang kemudian berkembang menjadi Windows. Oleh sebab itu, ini membuat Microsoft disebut sebagai pusat Revolusi PC.

Pada tahun 1983, Microsoft menghasilkan USD55 juta dalam penjualannya, sehingga Microsoft menjadi perusahaan terbesar dalam bisnis komputer. Pada tanggal 13 Maret 1986, Microsoft menjual sahamnya pada publik dengan harga USD21 per lembar. Gates menjadi seorang miliarder pada tahun 1987, di usianya ke-31 tahun.

Gates pun pernah bersitegang dengan pendiri Apple, Steve Jobs. Jobs mengklaim bahwa Microsoft mencuri konsepnya dan dituntut untuk pelanggaran hak cipta. Namun, Microsoft berhasil memenangkan kasus tersebut pada tahun 1993.

Meskipun Gates terkenal dengan suka memberikan miliaran dari kekayaannya untuk sumbangan amal, namun kekayaan bersih pribadi Bill Gates diperkirakan lebih dari USD87 miliar.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini