BI: Indeks Keyakinan Konsumsi Menurun di Februari

Fakhri Rezy, Jurnalis · Selasa 08 Maret 2016 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 08 20 1330513 bi-indeks-keyakinan-konsumsi-menurun-di-februari-cillkfFNNk.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - Bank Indonesia (BI) merilis survei Konsumen. Survei tersebut mengindikasikan bahwa konsumen masih memandang optimistis kondisi perekonomian Indonesia.

Mengutip keterangan tertulis BI, Jakarta, Selasa (8/3/2016), meski Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Februari 2016 menurun dibandingkan bulan sebelumnya, atau menjadi sebesar 110 dibandingkan 112,6, angka ini masih berada dalam level optimis.

Terjadinya sedikit penurunan pada IKK Februari 2016 tersebut disebabkan oleh penurunan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) dan Indeks Kondisi Ekonomi Saat ini (IKE), khususnya persepsi konsumen terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini dibandingkan dengan 6 bulan yang lalu.

Hasil survei Bank Indonesia juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan akan terjadi tekanan kenaikan harga pada Mei 2016. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) tiga bulan mendatang yang naik 6,3 poin menjadi 164,4.

Meningkatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada kelompok bahan makanan dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau seiring dengan perkiraan peningkatan permintaan yang terjadi menjelang bulan puasa pada Juni 2016.

Untuk kondisi enam bulan mendatang (Agustus 2016), konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan tidak lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Sementara itu, kenaikan jumlah pinjaman enam bulan yang akan datang diperkirakan lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini