Begini Feng Shui Gedung Pencakar Langit Hong Kong

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 11 Maret 2016 00:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 10 470 1332729 begini-feng-shui-gedung-pencakar-langit-hong-kong-L0AYURfYOw.jpg Gedung Pencakar Langit di Hong Kong (Foto: Amusing Planet)

HONG KONG - Hong Kong merupakan salah satu kota yang memiliki langit indah dengan keberadaan menjulangnya gedung-gedung pencakar langit. Bahkan, dalam merencanakan dan merancang bangunannya pun selain membutuhkan arsitek dan insinyur, namun juga banyak ditentukan oleh para ahli feng shui.

Feng shui memang melekat erat dalam budaya Hong Kong, mulai dari orientasi bangunan, bentuk, posisi pintu masuk dan posisi perabotan yang dipercaya akan membawa kemakmuran sebuah bisnis atau pemilik rumah.

Dilansir dari laman Amusing Planet, Jumat (11/3/2016), pada pertengahan 1980-an, markas HSBC terkenal lantaran duduknya dua singa perunggu di depan bangunan, eskalator yang diubah arahnya (reorientasi) dari semua posisi langsung ke sudut dengan pintu masuk guna mencegah roh jahat masuk langsung dari Victoria Harbor dan masuk ke dalam kantor.

Di sisi lain, menara Bank of China, tidak menerapkan feng shui yang baik dan sekarang dianggap sangat tidak beruntung. Sebab, bangunan itu sekarang kosong selama beberapa tahun terakhir. Menara dengan banyak sudut tajam tersebut juga dikatakan menularkan energi negatif hingga bisnis yang ada di sekitarnya.

Adalah Lippo Centre, yang menghadap salah satu sudut menara Bank of China, kini telah bangkrut dan sudah menjual bangunannya. Demikian pula dengan Government House, yang juga menghadapi salah satu sudut dari menara Bank of China, telah terkena banyak masalah.

Guna mencegah kemalangan tersebut menimpa HSBC, bank memiliki dua struktur seperti meriam dipasang di atas gedung mereka. Meriam ini menunjuk ke arah bangunan Bank of China, diharapkan dapat melindungi HSBC dari energi negatif menara Bank of China dengan cara membiaskan energi kembali pada sumbernya.

Pertumbuhan Hong Kong dalam beberapa tahun terakhir telah dikaitkan dengan feng shui. Lokasi geografisnya yang terdiri dari pegunungan di belakang dan perairan di depan dikatakan sangat baik sesuai dengan prinsip-prinsip feng shui. Legenda mengatakan bahwa gunung-gunung ini adalah rumah bagi naga yang dikatakan pembawa energi positif dan kuat. Energi ini berhembus melalui Hong Kong sebagai naga membuat jalan mereka dari gunung ke laut untuk minum dan mandi.

Hal ini juga menjelaskan mengapa banyak bangunan di sepanjang garis air memiliki lubang menganga di tengahnya. Lubang ini guna memberikan jalur bagi naga terhalang ke air, sehingga angin dari energi positif terus mengalir melalui kota.

(dhe)

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini