Share

MUI Sebut Investasi di Pasar Modal Syariah Halal

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2016 12:41 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 17 278 1338351 mui-sebut-investasi-di-pasar-modal-syariah-halal-KvPcEUCZKs.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mendorong agar industri pasar modal syariah kian bertumbuh dan dapat dijadikan sebagai alternatif investasi. Terutama bagi para investor yang mengutamakan pilihan investasi yang mengacu pada prinsip-prinsip syariah.

Hal ini pun tampaknya berbuahkan hasil dengan terjadinya pertumbuhan investor pada pasar modal syariah yang cukup signifikan. BEI mencatat pada tahun 2013 jumlah investor syariah sebesar 803 dan pada Desember 2015 jumlah investor syariah sudah mencapai 4908.

Wakil Sekretaris Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kanny Hidaya menuturkan pertumbuhan tersebut tidak terlepas dari peran MUI dalam memberikan fatwa mengenai pasar modal syariah. Menurutnya fatwa tersebut memberikan kesadaran pada masyarakat bahwa melakukan investasi pada pasar modal dalam bentuk syariah adalah kegiatan yang halal.

“Jadi aware berbasis syariah, dan ini halal sudah ada fatwanya tidak boleh ragu lagi untuk melakukan investasi. Kesiapan dari sisi fatwa, karena memberikan landasan kesadaran secara kuat kepada masyarakat untuk tidak ragu dan penuh keyakinan untuk investor," ujarnya dalam IDX Channel, Kamis (17/3/2016).

Selain itu peran stake holder, lanjut Kanny, dalam melakukan sosialisasi juga turut berkontribusi terhadap pertumbuhan tersebut. Seperti yang diketahui, saat ini BEI melakukan sosialisasi melalui program Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS).

"Para stakeholder, selama ini BEI luar biasa sosialisasinya. Kemudian ada peran OJK yang lebih menjelaskan regulasi terbaru yang terkait masyarakat ekonomi syariah," ujarnya.

Oleh sebab itu, Kanny mengatakan sinergi antara MUI dengan pihak OJK maupun BEI inilah yang memberikan sentimen positif terhadap pertumbuhan investor syariah.

"Memang saling mendukung, kita lihat ada peningkatan yang cukup baik dan masyarakat animonya juga luar biasa," pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini