nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PT ASDP Operasikan Kapal Feri Berteknologi Canggih

ant, Jurnalis · Kamis 17 Maret 2016 12:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 17 320 1338361 pt-asdp-operasikan-kapal-feri-berteknologi-canggih-7GAfBSKCo6.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


TERNATE - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Ternate di Maluku Utara siap mengoperasikan sebuah kapal feri berteknologi canggih melayani rute di Pulau Halmahera.

"Kapal feri bernama KMP Ngafi ini melayani lintasan Doro Kao Halmahera Utara hingga Subaim Halmahera Timur memiliki alat komunikasi dan navigasi canggih, dilengkapi sistem autopilot yakni alat yang dilengkapi dengan komputer untuk menentukan arah," kata Manager Tata Usaha PT ASDP Indonesia Fery (Persero) Cabang Ternate Ali Tahmer, di Ternate, Kamis.

Menurut dia, KMP Ngafi ini ditentukan arah perjalanan melalui komputer dan feri ini berjalan sesuai arah yang diatur dalam komputer.

Keberadaan kapal ini juga dapat dipantau secara online lewat handphone.

Selain itu, KMP Ngafi dilengkapi dengan sistem pengamanan yang sangat baik dan terdapat pintu darurat yang disambungkan langsung dengan perahu penyelamat melalui spon luncuran, sehingga ketika terjadi kecelakaan penumpang tidak perlu turun tangga, tetapi langsung meluncur ke perahu penyelamat.

Ruangan kapal ini sangat elegan, karena tidak dirancang seperti pada kapal feri sebelumnya, kursi penumpangnya dibariskan. Penataan ruangannya seperti ruang tamu sebuah rumah mewah yang dilengkapi dengan kursi busa mengelilingi beberapa meja dengan lantai yang dibuat seperti keramik.

Begitupula sudut-sudut ruangan dilengkapi dengan AC. Selain itu, disediakan klinik kesehatan dan kafe yang diletakkan di dalam dan luar ruangan dengan bentuk yang mirip sebuah bar, katanya lagi.

Ali Tamher menambahkan, kapal buatan PT Daya Radar Utama dengan spesifikasi panjang keseluruhan 39,38 meter dan lebar 11 meter, memiliki mesin utama ada dua unit dengan kekuatan 820 horse power/tenaga kuda.

Kecepatan tempuh kapal adalah 12 knot per jam, daya tampung penumpang sebanyak 180 orang, dan dengan kapasitas angkutan kendaraan sebanyak 15 mobil.

"KMP Ngafi belum beroperasi karena menunggu izin operasional dan selanjutnya akan dilakukan peresmian untuk melayani lintasan di Halmahera. Keseluruhan saat ini terdapat 20 lintasan di Maluku Utara, yaitu 4 lintasan komersial dan 16 lintasan perintis," kata Ali lagi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini