Share

Investor China Lirik Industri Bintan

Agregasi Haluan Kepri, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2016 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 18 320 1339665 industri-bintan-dilirik-investor-china-LhZifEhuQz.jpg ilustrasi (foto: Okezone)

BINTAN - Potensi di Kabupaten Bintan tak hanya dari sektor pariwisata, tetapi juga berpotensi dari sektor industri.

Potensi ini terlihat dengan kunjungan Kepala Kamar Dagang (Kadin) Cina yang memboyong investor dari negara tersebut untuk mendapatkan penjelasan mengenai potensi daerah Bintan.

Kunjungan kalangan pengusaha dari negeri tirai bambu ke Kantor Bupati Bintan itu ternyata ingin membangun pabrik baja.

Tentu saja, peluang ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pihak Pemerintah Daerah (Pemda) Bintan dalam memberikan kepercayaan supaya para pengusaha asal Cina itu mau menanamkan modalnya di Bintan.

Bahkan, untuk menariknya, Pemda Bintan langsung menawarkan kawasan di Bintan Timur sebagai lokasi yang tepat untuk para pengusaha Cina itu membangun usahanya di Bintan.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Bintan, Mardiah mengatakan, Pemda Bintan memberikan tawaran lokasi yang strategis untuk pembangunan pabrik baja di kawasan Bintan.

Ia menyebutkan, kawasan yang ditawarkan di antaranya dekat pembangunan pabrik smelter PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) serta kawasan Korindo. Dua wilayah yang ditawarkan ini tentunya disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bintan.

"Jadi kawasan yang ditawarkan kepada para investor Cina di antaranya dekat PT BAI, supaya nanti bisa dilakukan kerja sama dalam penggunaan pelabuhan PT BAI. Selain itu ada kawasan dekat Korinso yang ditawarkan. Semoga saja rencana mereka ingin bangun pabrik bisa terealisasi di Bintan," terang Mardiah di Kantor Bupati Bintan, dikutip dari Haluankepri, Jumat (18/3/2016).

Mardiah menyebut, rencana para investor dari Cina itu tentunya telah mendapat dukungan dari Pemda Bintan. Sebab, dengan adanya investasi ini diyakini akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat Bintan karena membuka peluang lapangan pekerjaan.

Sementara itu, Sekretaris Kadin Cina, Wu Lei mengatakan setelah mendengarkan pemaparan dari Pemda Bintan soal kondisi geografis Kabupaten Bintan, menyatakan kalau Bintan sangat potensial untuk dijadikan lokasi investasi.

Wu Lei menjelaskan, kalau investor yang diboyongnya ke Bintan ini sangat tertarik untuk melakukan kerja sama dengan beberapa perusahaan yang sudah berdiri di Bintan.

"Bintan sangat potensial. Rombongan yang kami bawa berencana untuk membuka kerja sama dengan beberapa perusahaan yang telah berdiri di Kabupaten Bintan. Di antaranya, PT Korindo Abadi, PT Indo Jaya Pipe dan PT Indocin Abadi," kata Wu Lei.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini