nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Blok Masela, Sudirman Said Siap Surati Inpex dan Shell

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2016 13:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 03 23 320 1343716 soal-blok-masela-sudirman-said-siap-surati-inpex-dan-shell-f6MGGwYAuG.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Menteri ESDM Sudirman Said memastikan dalam waktu dekat akan mengirim surat pemberitahuan kepada Inpex Corporation dan Shell mengenai keputusan pembangunan infrastruktur gas di Blok Masela, Maluku.

Sudirman menyebutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja memberikan keputusan terhadap pembangunan infrastruktur gas di Masela. Mantan Walikota Solo ini memutuskan pembangunan dilakukan di darat (onshore) dengan pipanisasi.

"Kita akan sampaikan kabar ini kepada investor melalui surat resmi dari menteri ESDM," kata Sudirman, Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Sudirman menyebutkan, dengan keputusan yang sudah umumkan Presiden Jokowi, maka pemerintah juga kembali memberikan waktu kepada Inpex Corporation dan Shell selaku investor untuk melakukan kajian ulang.

"Kemungkinan saja karena memang harus diulang pengkajiannya akan ada penundaan sedikit, tetapi saya akan meminta kepada SKK Migas untuk membicarakannya lebih detail agar penundaan ini tidak terlalu panjang, karena bagaimanapun keputusan bapak presiden bagaimana proyek ini memberi manfaat kepada masyarakat dalam pembangunan regional maupun pembangunan ekonomi nasional," tambahnya.

Menurut Sudirman, dua investor pada Blok Masela ini akan tetap bekerjasama meskipun penetapan pembangunan infrastruktur gas di darat. "Karena memang mereka sudah bekerja sejak 16 tahun lalu dan sudah mengeluarkan biaya untuk eksplorasi, kepada mereka akan kita berikan kesempatan untuk mengkaji kembali, tetapi kita akan berusaha agar seluruh pihak memperoleh manfaat optimal," tutupnya.(rai)

(rhs)

Berita Terkait

Blok Masela

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini