nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Enam Cara Mengatur Keuangan yang Bagus untuk Ditiru

Agregasi Rabu 23 Maret 2016 18:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 23 320 1344057 enam-cara-mengatur-keuangan-yang-bagus-untuk-ditiru-lhWyKDTMnc.jpg ilustrasi (foto: Okezone)

JAKARTA - Kebiasaan finansial bisa diartikan sebagai kebiasaan yang berhubungan dengan keuangan, dimana keadaan tersebut akan berhubungan langsung dengan uang, sehingga sangat berpengaruh terhadap perekonomian kedepannya.

Maka dari itu supaya tidak berdampak buruk bagi perekonomian, alangkah baiknya untuk membiasakan kebiasaan finansial yang baik pula. Jangan sampai salah dengan hal tersebut, jika salah membiasakan diri maka akan berakibat fatal bagi perekonomian yang akan berdampak negatif terhadap semua.

Untuk menjaga kestabilan perekonomian, kita perlu mengembangkan kebiasaan finansial yang baik, bisa dengan meniru orang lain maupun dengan cara kita sendiri. Serta diperlukan kedisiplinan untuk melakukan hal tersebut. Ada beberapa kebiasaan finansial yang mungkin baik untuk ditiru, dan enam diantaranya adalah sebagai berikut, dikutip dari Cermati.com.

Jangan Boros

Seseorang bisa dikatakan boros jika mereka berbelanja tidak sesuai kebutuhan, bisa disebut berlebihan. Hal ini merupakan kebiasaan finansial yang buruk serta akan berdampak terhadap perekonomian seorang yang boros tersebut. Maka jangan biasakan diri untuk berbelanja yang berlebihan.

Biasakanlah berbelanja sesuai porsi sehingga ada uang yang tersisih yang bisa kita simpan, dan mungkin akan jauh lebih berguna fungsinya. Serta ingatlah ada pepatah yang mengatakan hemat pangkal kaya, namun bukan berarti harus berlaku pelit. Karena bukan pelit yang dimaksud dengan hemat.

Tidak Berhutang

Ada banyak macam berhutang, mulai dari suku bunga yang tinggi dan ada pula suku bunga yang rendah. Berhutang akan menimbulkan dampak psikologis bagi mereka yang melakukan hutang.

Alangkah baiknya, jika kita mengatakan tidak untuk berhutang, dan marilah membiasakan diri dengan menabung agar tidak kehabisan uang sehingga akhirnya berhutang. Ketika orang berhutang kepada suatu bank maka orang tersebut akan menyusahkan dirinya sendiri untuk membayar cicilan tersebut.

Sehingga dia tidak bisa menyisihkan uangnya untuk menabung. Bila orang tersebut mendapatkan suatu masalah ekonomi yang mendadak, ia akan kesulitan untuk mengatasinya, dan pada akhirnya akan memilih untuk berhutang kembali. Jangan sampai hidup Anda digunakan hanya untuk menutup lobang dan membuka lobang yang lainya.

Membuat Anggaran Dana

Biasakanlah membuat anggaran dana, sebab dengan anggaran dana kita bisa memantau mengeluarkan uang yang kita miliki. Dengan angaran dana tersebut, kita dapat memantau kemana uang tersebut akan digunakan. Sudah sesuaikah dengan kebutuhan kita. Sehingga angaran dana yang kita miliki bisa digunakan dengan baik dan benar, dan tidak berdampak negatif pada keuangan Anda.

Menabung

Menabung adalah salah satu cara untuk memperbaiki keuangan, ketika seseorang menyisihkan uangnya untuk ditabung. Berarti orang tersebut mengerti tentang kebutuhan yang datang secara tiba-tiba.

Sehingga ketika kebutuhan tersebut datang, dia tidak panik lagi untuk mengatasinya. Karena dia sudah memiliki beberapa uang di tabungannya, yang pada akhirnya tidak akan berdampak buruk kepada perekonomian kita kedepannya. Kebiasaan ini patut untuk ditiru, dan dibiasakan.

Mungkin bagi mereka yang tidak memiliki banyak uang dapat membiasakan diri dengan membelanjakan uang sesuai kebutuhan pokok, dan sisakan sedikit untuk di tabung, serta beralih ke gaya hidup yang hemat.

Dengan Mulai menjadi pribadi yang lebih bijak menggunakan keperluan Anda, seperti menghemat penggunaan telepon, pulsa bulanan, tv kabel.

Membuat Rencana

Biasakanlah membuat rencana jika ingin melakukan suatu hal yang berfungsi untuk hal-hal khusus, seperti ingin berlibur, membeli rumah, motor dan lain sebagainya. Buatlah rencana jangka panjang yang bisa memotivasi diri untuk terus mewujudkan rencana tersebut. Tetapkan juga tanggalnya agar selalu bersemangat untuk mencapainya, dan konsisten dengan tujuan Anda kedepannya.

Selalu Berinvestasi

Satu hal lain yang mesti dijadikan kebiasaan adalah selalu berinvestasi. Investasi sangat berguna untuk menyiapkan masa depan agar menjadi lebih cerah. Memang, terkadang waktu yang dibutuhkan untuk mendapat keuntungan bisa dibilang cukup lama, tapi rasanya itu sepadan dengan jaminan masa depan yang akan kita dapat.

Mulailah dengan Kebiasaan-kebiasaan Baik

Memulai kebiasan-kebiasaan diatas tidak hanya membantu Anda secara finansial namun jug membantu memotivasi diri agar terus menjadi pribadi yang sukses yang nantinya juga berguna bagi orang lain. Untuk itu ubahlah diri Anda dengan memulai kebiasaan-kebiasaan baik dari sekarang.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini