nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BRI Terima Tantangan Suku Bunga Single Digit

Danang Sugianto, Jurnalis · Rabu 23 Maret 2016 20:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 23 320 1344209 bri-terima-tantangan-suku-bunga-single-digit-lu8ItsjifP.jpg Ilustrasi BRI. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menyambut baik himbauan pemerintah yang menginginkan para perbankan bisa melakukan efisiensi sehingga bisa menurunkan suku bunga kredit (SBK) di bawah 10 persen.

Direktur Utama BRI Asmawi Syam pun sangat optimistis bisa menurunkan SBK hingga di bawah 10 persen di akhir tahun nanti. Rasa optimisme tersebut didasari keyakinan dengan strategi yang digunakan perseroan untuk mencapai hal tersebut.

"Pertama kami melakukan efisiensi di biaya over rate cost," ungkapnya, di Gedung BRI I, Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Asmawi melanjutkan, pihaknya juga akan mendorong penghimpunan dana murah atau casa. Kemudian perseroan juga akan aktif melakukan ekspansi yang lebih luas dengan melakukan pembukaan unit kerja khusus di bidang mikro atau penyaluran Kredi Usaha Rakyat (KUR)

"Ini kami lakukan dengan agen-agen yang akan kami targetkan di bidang mikro atau KUR. Sehingga kami harapkan rencana single digit ini kita bisa capai lebih cepat dari yang diharapkan. Karena semua perbankan telah memikirkan hal yang sama, persoalannya siapa yang lebih dulu menurunkan. Nanti akan tercermin di SBDK siapa yang lebih cepat," tukasnya.

Bukan hanya itu, faktor eksternal seperti penurunan suku bunga Bank Indonesia (BI Rate), Giro Wajib Minimum (GWM) hingga niatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang ingin memberikan insentif kepada perbankan yang bisa menurunkan SBK juga menjadi pendorong perbankan untuk melakukan efisiensi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini