nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TRIK HEMAT: 9 Kesalahan Saat Atur Keuangan

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Minggu 27 Maret 2016 06:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 26 320 1346220 trik-hemat-9-kesalahan-saat-atur-keuangan-SkPqIgYeuA.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Salah satu alasan banyaknya orang menyerah terhadap perencanaan keuangan adalah tidak bekerjanya anggaran yang mereka susun sesuai dengan yang diharapkan. Seringkali kesulitan dalam menyusun anggaran datang dari kesalahan yang Anda lakukan sendiri ketika menyusun anggaran tersebut.

Berikut sembilan kesalahan yang mungkin dapat anda lakukan saat menyusun perencanaan keuangan Anda seperti yang dilansir dari About.com.

1. Menerka biaya bulanan

Ketika pertama kali menyusun perencanaan anggaran, Anda mungkin kesulitan untuk menentukan seberapa banyak jenis kebutuhan yang harus ditetapkan dalam anggaran tersebut. Akan sangat membantu bila Anda mengikuti rata-rata pengeluaran pada tiga bulan sebelumnya. Kemudian pada bulan berikutnya Anda dapat memotong pengeluaran tersebut secara bertahap.

Salah satu contoh kesalahan umum adalah Anda memutuskan akan menghabiskan Rp500 ribu per bulan untuk kebutuhan makan, padahal pada bulan-bulan sebelumnya Anda menghabiskan rata-rata Rp800 ribu. Memangkas Rp300 ribu dalam satu bulan menempatkan diri Anda gagal dalam menyusun anggaran. Pangkaslah pengeluaran secara bertahap.

2. Tidak menelusuri biaya pengeluaran

Jika Anda tidak menelusuri setiap pengeluaran uang Anda, maka anggaran keuangan yang telah Anda buat akan sia-sia. Anda tidak akan tahu ke mana saja uang yang telah Anda habiskan dan tidak akan tahu kapan seharusnya Anda mencapai batas pengeluaran.

3. Melewatkan suatu kebutuhan ke dalam daftar anggaran

Salah satu kesalahan umum saat membuat perencanaan keuangan adalah Anda melewatkan suatu kebutuhan ke dalam daftar anggaran. Mungkin Anda lupa menganggarkan biaya potong rambut atau membeli hadiah untuk teman atau tagihan tahunan.

Jika Anda melupakan hal tersebut, maka itu akan menyerang keuangan Anda ketika waktunya tiba untuk membayar kebutuhan tersebut.

Untuk menangani biaya tahunan tersebut, Anda bisa membagi jumlah tagihan ke dalam 12 bulan dan menyisihkan dari gaji Anda setiap bulannya untuk membayar tagihan tersebut.

Yang perlu Anda pastikan adalah Anda tak melewatkan satu hal pun untuk masuk ke dalam daftar anggaran.

4. Tidak bekerja sebagai tim

Jika Anda telah menikah, salah satu masalah terbesar adalah Anda tidak bekerjasama dengan pasangan Anda untuk membuat anggaran.

Anda berdua perlu membuat perencanaan keuangan secara bersama-sama, mendiskusikan biaya finansial secara teratur. Ini akan mencegah Anda berdua akan menghabiskan terlalu banyak uang karena anggaran yang berbeda-beda.

5. Tak Alokasikan Dana Darurat

Jika Anda menyisihkan uang untuk dana darurat maka Anda akan mampu menangani biaya tak terduga ketika saatnya tiba. Adanya anggaran untuk biaya tak terduga akan membuat Anda lebih mudah untuk berurusan dengan situasi keuangan yang sewaktu-waktu dapat membuat Anda stres.

6. Dana untuk bersenang-senang

Ketika Anda membatasi diri Anda dari semua pengeluaran untuk bersenang-senang atau hiburan, hal tersebut juga tak baik untuk Anda.

Menganggarkan biaya untuk bersenang-senang, bukanlah hal yang salah. Namun, tetap diperlukan perencanaan biaya untuk membatasi pengeluaran akan kebutuhan ini. Jika tidak Anda dapat melewati batasan dan membuat pengeluaran Anda membengkak.

7. Mengklasifikasi keinginan menjadi kebutuhan

Kesalahan lainnya yang mungkin dilakukan adalah mengklasifikasikan keinginan menjadi kebutuhan. Memasukkan keinginan menjadi kebutuhan akan membuat pengeluaran Anda akan semakin membengkak. Contohnya, makan memang kebutuhan namun makan diluar merupakan sebuah keinginan.

 

8. Mengasumsikan tagihan bulanan tak dapat diubah

Banyak orang yang melihat tagihan bulanan mereka sebagai sesuatu yang tetap dan tak dapat diubah. Misalnya seperti tagihan TV berbayar ataupun internet dengan jumlah yang sama setiap bulannya. Akibatnya ketika membuat anggaran, Anda mungkin tidak mempertimbangkan cara-cara untuk dapat mengurangi jumlah tagihan tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki waktu luang di setiap tahunnya untuk menunjungi perusahaan dan melihat promo yang ditawarkan yang dapat mengurangi pengeluaran Anda.

9. Tidak memiliki perencanaan anggaran

Kesalahan terbesar dalam perencanaan keuangan adalah tidak memiliki satu pun perencanaan anggaran. Jika Anda tidak memiliki anggaran maka Anda akan terus tinggal dalam krisis keuangan. Anda tidak menabung untuk masa depan dan membiarkannya keuangan Anda berlalu begitu saja, maka Anda tidak akan pernah bergerak maju. Maka luangkanlah waktu untuk mengatur anggaran Anda saat ini juga.(rai)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini