BEI Incar 6.000 Pengunjung di Festival Pasar Modal Syariah

Danang Sugianto, Jurnalis · Senin 28 Maret 2016 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 28 278 1347219 bei-incar-6-000-pengunjung-di-festival-pasar-modal-syariah-VkMeaHF0m7.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana akan menggelar Festival Pasar Modal Syariah 2016. Acara ini akan digelar pada 30 Maret hingga 2 April 2016.

BEI menargetkan bisa menggaet 6 ribu pengunjung selama festival tersebut di gelar. Sehingga tujuan acara tersebut untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat, pengetahuan hingga minat berinvestasi di pasar modal bisa terealisasikan secara optimal.

"Kita targetkan jumlah pengunjung 6 ribu. Memang 6 ribu itu tidak semua melakukan transaksi atau menjadi investor. Sebenarnya ada yang konteks langsung jadi investor ada yang membeli reksadana syariah," kata Direktur Pengembangan BEI, Nicky Hogan di Gedung BEI, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Nicky mengakui dari total target pengunjung yang diharapkan hadir tersebut memang tidak semuanya berpotensi untuk menjadi investor syariah. Namun diharapkan sebagian besar dari pengunjung yang hadir bisa langsung membeli produk reksadana syariah bahkan bisa langsung melakukan transaksi saham syariah.

Melalui acara tersebut dia juga berharap, target penambahan investor baru syariah sebesar 5 ribu investor bisa tercapai. Pasalnya selain Festival Pasar Modal Syariah 2016, BEI juga telah melakukan berbagai upaya salah satunya dengan kembali membuka sekolah pasar modal syariah di BEI.

"Khusus sekolah itu kita lakukan setiap minggu di gedung BEI ini. Sejuah ini minat masyarakat untuk ikut sekolah itu cukup tinggi. Setiap kegiatan ada 30-50 peserta. Merek tidak hanya datang untuk edukasi tapi juga langsung buka rekening. Makanya kami yakin untuk bisa tambah 5 ribu investor syariah yang baru. Itu hampir 100 persen dari tahun lalu," imbuhnya.

Bukan hanya itu, pada Februari kemarin, BEI telah melakukan kerjasama dengan perusahaan sekuritas dan 10 universitas. Dari kerjasama itu BEI mencatat ada pembukaan rekening baru sebanyak 1.000 khusus syariah.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini