Image

MUI Resmikan E-Money Syariah Pertama

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 28 Maret 2016, 14:37 WIB
https img z okeinfo net content 2016 03 28 320 1347326 mui resmikan e money syariah pertama qjMeQjzRVJ jpg Industri Keuangan Syariah. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) hari ini memberikan sertifikat uang elektronik (e-money) syariah kepada TrueMoney Witami. Sertifikat tersebut langsung diberikan oleh Ketua MUI Ma'ruf Amin di kantor Witami Tunai Mandiri, Jakarta.

Menurut Ma'ruf, program ini merupakan e-money pertama di Indonesia yang resmi dapat digunakan secara halal oleh masyarakat Indonesia. Melalui program inim maka masyarakat Indonesia dapat menikmati alternatif sektor keuangan lainnya seperti yang ada sebelumnya seperti perbankan syariah dan pegadaian syariah di Indonesia.

"Sejak 1992 telah mulai ada bank syariah. Dan ini menjadi yang pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia saat ini," kata Ma'ruf dalam konferensi pers di kantor Witami Tunai Mandiri, Generali Tower, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Melalui e-money ini, lanjutnya, diharapkan masyarakat Indonesia akan dapat dengan mudah mendapatkan fasilitas berlabel halal dari MUI. Khususnya dalam bidang keuangan, fasilitas ini diharapkan dapat dinikmati oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia, baik perusahaan besar maupun pelaku usaha kecil dan menengah. "Jadi kami harapkan ini dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia," tandasnya.

Sebagai informasi, saat ini LPPOM MUI telah memiliki aplikasi smartphone Siap Halal. Melalui aplikasi ini, MUI mengharapkan dapat bekerja sama dengan pihak swasta seperti TrueMoney Witami agar dapat mengembangkan aplikasi untuk memudahkan pendataan transaksi halal di Indonesia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini