nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MUI Bidik UKM Dapatkan Sertifikasi Halal

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 28 Maret 2016 14:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 03 28 320 1347340 mui-bidik-ukm-dapatkan-sertifikasi-halal-NRXoKLUXUl.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)


JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) saat ini tengah berupaya untuk memberikan sertifikasi halal bagi produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Pasalnya, selama ini sektor UKM masih kesulitan untuk mendapatkan akses sertifikasi halal dari MUI.

"Selama ini LPPOM (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika) MUI dituduh terlalu mementingkan perusahaan besar. Tapi kita juga ingin melalui aplikasi ini semua mendapatkan sertifikasi halal, termasuk UKM yang selama ini mengalami kesulitan," kata Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim saat ditemui di di kantor Witami Tunai Mandiri, Generali Tower, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Saat ini, lanjutnya, terdapat 50.000 produk yang masih belum mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Untuk itu, pada tahun ini UKM akan menjadi bidikan khusus bagi MUI agar segera mendapatkan sertifikasi halal.

"Saat ini telah ada 150.000 produk yang telah disertifikasi dari 200.000 produk. Sehingga yang menjadi bidikan kami adalah UKM. Jadi mereka itu juga butuh disertifikasi. Kita fasilitasi ini agar bisa diakses oleh UKM," ungkapnya.

Sekadar informasi, saat ini MUI telah menyediakan aplikasi khusus melalui smartphone (Siap Halal) untuk mempermudah pelaku usaha mendapatkan sertifikasi halal. Namun, aplikasi ini masih belum dikenal luas oleh masyarakat. Sehingga, pelaku UKM di daerah pun masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan sertifikasi halal terhadap produk yang dihasilkan.

"Diharapkan proses sertifikasi halal menjadi lebih cepat. Jadi proses sertifikasi halal melalui android semakin mudah," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini